Lion Air Angkut 23 juta Penumpang, Kuasai Penerbangan Domestik 2012

15 Feb

Lion Air

108Jakarta.com – Manisnya bisnis sektor penerbangan di dalam negeri mendorong maskapai-maskapai penerbangan berlomba-lomba menguasai pasar penerbangan. Ceruk pasar yang besar dan disebut-sebut sangat potensial ini, membuat persaingan antar maskapai penerbangan semakin terbuka.

Maskapai penerbangan yang berhasil mengangkut atau menerbangkan penumpang lebih banyak, bisa disebut sebagai penguasa pasar penerbangan nasional. Salah satunya adalah maskapai penerbangan Lion Air yang dinobatkan sebagai penguasa pasar penerbangan domestik sepanjang 2012.

Kinerja maskapai yang makin ekspansif setelah membeli 100 pesawat boeing ini semakin kinclong. Lion Air tercatat sebagai penguasa pasar penerbangan dalam negeri selama 2012.

Indikatornya adalah maskapai milik Rusdi Kirana ini paling banyak menerbangkan penumpang domestik. Dari data Kementerian Perhubungan, dari total jumlah penumpang domestik sepanjang 2012 yang mencapai 63,6 juta orang, Lion Air berhasil menerbangkan 23,93 juta penumpang.

Disusul Garuda Indonesia yang berhasil menerbangkan 14,07 juta penumpang. Di posisi ketiga ada Sriwijaya Air yang mengangkut 8,1 juta penumpang.

Maskapai penerbangan yang baru saja dipailitkan, Batavia Air, sesungguhnya memiliki pasar yang lebih besar dari maskapai penerbangan pelat merah Merpati Airlines. Sepanjang 2012, Batavia Air berhasil mengangkut 6,01 juta penumpang sepanjang tahun lalu. Sedangkan Merpati Nusantara Airlines hanya 2,11 juta penumpang.

Dalam siaran persnya yang dilansir Jumat (15/2/2013). Menteri Perhubungan EE Mangindaan menuturkan, Indonesia dan Australia sudah menandatangani persetujuan pelayanan angkutan udara (“Air Service Agreement”) yang mengatur secara rinci kapasitas hak angkut, frekuensi dan tipe pesawat maskapai masing-masing negara.

“Telah banyak perkembangan di angkutan udara antara Indonesia dan Australia, jumlah penumpang terus semakin meningkat. Oleh karena itu Persetujuan Pelayanan Udara sangat perlu direvisi oleh kedua negara,” kata Mangindaan.

Mangindaan mengutarakan harapannya agar maskapai penerbangan nasional Indonesia memanfaatkan pertumbuhan angkutan udara RI-Australia dengan sebaik-baiknya karena masih banyak permintaan dari beberapa kota di Australia.

Sumber: 108CSR.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: