Laba Air Asia Naik 238%

2 Mar

Logo Air Asia Terbaru

Liputan6.com, Jakarta : AirAsia, maskapai berbudget murah asal Malaysia melaporkan lonjakan laba pada kuartal IV 2012 dibandingkan periode yang sama di 2011 karena pertumbuhan penumpang.

Laba bersih AirAsia pada kuartal yang berakhir 31 Desember 2012 tumbuh 168% menjadi 350,65 juta ringgit Malaysia (US$ 114,1 juta) atau naik dari 130,7 juta ringgit Malaysia pada kuartal yang sama di 2011.

Adapun pendapatan untuk kuartal IV mencapai 1,41 miliar ringgit, naik 10%. AirAsia mengalami pertumbuhan penumpang seiring penambahan jumlah armada pesawat di Malaysia yang mencapai lebih dari 60 unit.

“Ini telah menjadi kuartal maupun tahun yang baik bagi AirAsia karena kami berhasil menentang industri dalam hal kinerja operasional dan keuangan,” kata CEO AirAsia Malaysia, Aireen Omar.

Sedangkan secara laporan penuh tahunan, AirAsia mencatat lonjakan laba bersih 238% menjadi 1,88 miliar ringgit Malaysia.

Hal ini bisa dicapai seiring kenaikan 1% harga bahan bakar minyak (BBM) rata-rata tahun ini. Sedangkan pendapatan meningkat sebesar 11% menjadi 5 miliar ringgit Malaysia.

CEO AirAsia Group, Tony Fernandes menyatakan peningkatan kinerja yang diperoleh maskapainya karena langkah ekspansi dan kemampuan menekan biaya operasional.

“Situasi industri penerbangan terus berubah dengan harga bahan bakar yang tinggi dan persaingan baru, tetapi melalui semua tantangan AirAsia akan terus mempertahankan kepemimpinan kami,” tegas dia.

AirAsia telah berkembang pesat sejak Fernandes, membeli maskapai gagal ini pada 2001. AirAsia awalnya hanya memiliki dua pesawat operasional.

Saat ini, AirAsia memiliki total armada 120 jenis Aribus A320 dan telah mendirikan anak perusahaan maskapai sejenis di Indonesia, Filipina, Thailand dan Jepang. (Nur)

Sumber: id.berita.yahoo.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: