Maskapai Asal China Borong 200 Pesawat Boeing 737

26 Okt

Boeing 737 Max

Boeing Co dikabarkan telah mengantongi komitmen pembelian 200 pesawat Boeing 737 Max versi terbaru. Pesanan pesawat itu datang dari beberapa maskapai yang ada di China. Informasi ini disampaikan dua sumber yang mengetahui proses transaksi tersebut.

Jika digabung, nilai pesanan 200 pesawat itu bisa mencapai nilai US$ 20,7 miliar. Namun, soal harga jual pesawat nantinya harus mendapat persetujuan pemerintah China, sebuah praktik yang lazim dilakukan China.

Pesanan pesawat 737 Max ini merupakan yang pertama datang dari China. Pesawat terbaru dari Boeing itu merupakan seri yang yang dipersiapkan bersaing dengan pesawat Airbus A320.

Sementara itu, komitmen pembelian pesawat datang dari berbagai maskapai, termasuk maskapai milik pemerintah China yang pengadaan pesawatnya diatur oleh China Aviation Supplies Holding Company. Sayangnya, China Aviation Supplies tak bisa memberikan komentar soal pemesanan pesawat kepada Boeing itu.

Sementara itu, juru bicara Boeing menolak mengomentari tentang kesepakatan tersebut, dan hanya bilang, “Diskusi dengan pelanggan bersifat rahasia,” kata juru bicara itu.

Perlu diketahui, pesawat Boeing 737 Max telah di up grade dengan mesin baru dari CFM dan memiliki perangkat tambahan lain yang membuatnya menjadi pesawat yang lebih hemat bahan bakar dari model sebelumnya. CFM adalah perusahaan patungan antara GE Aviation dan Snecma .

Perlu diketahui, naiknya kebutuhan pesawat di China, memungkinkan Negara Tirai Bambu itu mengambil alih posisi Amerika Serikat sebagai pasar pesawat terbesar pada 20 tahun yang akan datang.

Sumber: kaltim.tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: