Dua Pesawat Nyaris Tabrakan di Adisutjipto

20 Nov

YOGYA (KRjogja.com) – Dua pesawat komersial masing-masing Air Asia dan Batik Air nyaris terlibat tabrakan di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Rabu (20/11/2013) sekitar pukul 07.15 WIB. Akibat insiden ini jadwal penerbangan di bandara mengalami delay (penundaan) dan kedua pilot sempat dipanggil pihak otoritas Bandara Adisutjipto maupun Pangkalan Udara (Lanud) Adisutjipto.

Sebelum kejadian, pesawat Air Asia dengan nomor penerbangan QZ-8441 dijadwalkan akan melakukan take off (lepas landas) menuju Denpasar, sementara pesawat Batik Air direncanakan akan landing (mendarat) di bandara pada saat yang hampir bersamaan. Pilot Air Asia kemudian mengarahkan pesawat ke tepi runway (landasan pacu) sambil bersiap menunggu Batik Air yang akan landing, namun nose (hidung pesawat) melebihi batas sehingga bagian tersebut beberapa meter berada menjorok di areal runway.

Pada saat itulah pesawat Batik Air landing dari arah barat menuju timur dengan kecepatan tinggi. Melihat ada nose Air Asia di landasan pacu akhirnya pilot Batik Air memutuskan untuk mengarahkan kemudi roda pesawat ke kanan sehingga menimbulkan sedikit guncangan di pesawat tersebut.

Beruntung kedua pesawat tak saling bertabrakan, namun insiden itu membuat penumpang kedua pesawat sempat panik. Hingga berita ini diturunkan belum ada pihak dari kedua maskapai nasional tersebut maupun otoritas Bandara Adisutjipto yang bersedia memberikan keterangannya. (Van)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: