Gugat Lion Air Rp 2,5 M karena Tertinggal Pesawat, Penumpang Harus Cerdas

22 Nov

Rina Atriana – detikNews

Jakarta – Maskapai penerbangan Lion Air digugat penumpangnya Mauliate Sitompul sebesar Rp 2,5 miliar. Gugatan dilayangkan karena Mauliate tertinggal pesawat rute Denpasar-Lombok.

“Konsumen harus cerdas dari sisi litigasi. Dia bisa mempertahankan haknya itu bisa ke pengadilan atau bicara secara langsung dengan pelaku usaha. Menurut saya lebih baik berpikir dua kali untuk membawanya ke jalur hukum,” kata pakar hukum perlindungan konsumen Universitas Indonesia (UI) Inosentius Samsul, dalam diskusi tentang perlindungan konsumen di Hotel Atlet, Senayan, Jakarta, Kamis (21/10/2013).

Menurut Ino, proses di pengadilan hanya akan menghabiskan waktu dan biaya. Sebaliknya, Lion Air harus melakukan evaluasi menanggapi banyaknya konsumen yang membawa ketidakpuasaan mereka ke jalur hukum.

“Harusnya sudah ada tindakan yang dilakukan pelaku usaha dalam mengantisipasi seperti ini (ketidakpuasaan konsumen). Sebaiknya menginformasikan secara cepat jika ada keterlambatan pesawat,” jelasnya.

Lion Air menyatakan Mauliate telah dipanggil 3 kali saat pesawat akan segera berangkat pada 2 Agustus 2013. Namun yang bersangkutan tak kunjung hadir. Pesawat dengan kode JT 1852 pun terbang ke Lombok dan Mauliate ditinggal di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Di pihak lain, Mauliate punya versi sendiri. Menurutnya dia akan melakukan perjalanan dari Bali ke Lombok dengan menumpang Lion Air. Namun ia gagal berangkat karena menurutnya staf bandara menginformasikan bahwa pesawat yang dimaksud tak ada di jadwal.

Atas hal itu, Mauliate menggugat ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus). Mauliate meminta ganti rugi Rp 2,5 miliar. Kasus ini masih bergulir.
http://news.detik.com/read/2013/11/21/170339/2419915/10/gugat-lion-air-rp-25-m-karena-tertinggal-pesawat-penumpang-harus-cerdas

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: