Penundaan Penerbangan Lion Karena Pilot kena RHM

2 Des

Image

Tertundanya penerbangan Lion Air Solo-Jakarta ,bukan dikarenakan co-pilot sakit .Melainkan kedua pilot harus memenuhi aturan rest hour minimal (RHM).

Hal tersebut disampaikan Airport Duty Officer,Sugeng Budiyono saat ditemui di Bandara Adi Sumarmo,Senin (2/12).

Jadwal penerbangan pesawat bernomor JT 351,terpaksa mundur sampai sampai ukul 09.40 dari jadwal semula 06.10 WIB. Pengumuman yang disampaikan ke penumang ,jadwal ditunda lantaran co-pilot sakit.

Namun, setelah dikonfirmasi ke pihak maskapai, Sugeng mendapat alasan lain. Awak pesawat, khususnya pilot terkena aturan RHM. Aturan ini mensyaratkan pilot harus setidaknya beristirahat selama 10 jam sebelum kembali terbang.

“Kebetulan pilot yang sedang bertugas, tadi malam baru tiba di Solo pada pukul 22.30 WIB. Pesawat tersebut mengalami keterlambatan dari Bandara di Cengkareng. Normalnya, pesawat tiba pukul 19.20 WIB,” ucap dia.

Karena itu, pilot kemudian tidak bisa terbang pada pukul 06.10 WIB lantaran belum cukup waktu istirahatnya.

Total, ada sebanyak 170 penumpang untuk pesawat tersebut. Sebanyak 20 penumpang di antaranya kemudian dialihkan ke Maskapai Garuda Indonesia yang berangkat pukul 06.05 WIB.

Satu penumpang, dialihkan ke Sriwijaya Air dengan jadwal penerbangan pukul 07.00 WIB. Biaya pengalihan penumpang ditanggung sepenuhnya oleh Lion Air.

“Sebenarnya kalau penumpang sudak chek in sejak pukul 05.00, pengalihan pesawat sangat bisa dilakukan. Tetapi kalau penumpang datang mepet, pengalihan ke maskapai lain akan sulit,” imbuhnya.

Pesawat kemudian diberangkatkan pada pukul 09.40 WIB. Jadwal ini hanya selisih 5 menit dari penerbangan reguler bernomor JT 537 pukul 09.35 WIB.

“Kenapa beriringan, ini terkait dengan bandara penerima. Soekarno-Hatta saat ini sudah sangat sibuk, jadi lebih baik jika pendaratan dari Solo jaraknya tidak terlalu jauh,” katanya.

 suaramerdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: