Siap-siap, harga tiket pesawat di akhir tahun bakal naik

5 Des

Kenaikan harga tiket pesawat tampaknya akan sedikit mengganggu rencana perjalanan calon penumpang atau wisatawan di akhir tahun ini. terus melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menjadi penyebab naiknya harga tiket pesawat.

Bisnis penerbangan memang punya ketergantungan tinggi terhadap dolar AS, seperti untuk belanja komponen pesawat, bahan bakar, asuransi dan suku cadang.

Image

Pengeluaran untuk operasional maskapai, 50-60% berbentuk dolar (AS). Kalau rupiah melemah 10% saja, pembengkakan biayanya mencapai 6%, kata Emirsyah Satar, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (Persero), baru-baru ini.

Diakuinya, jika kurs rupiah bisa kembali pulih baginya tidak akan ada masalah, karena pembengkakan biaya operasional masih bisa ditahan. Namun jika nilai tukar rupiah terus-terusan rontok, tidak ada pilihan bagi maskapai selain menaikkan tarif penerbangan.

Hanya saja, untuk menaikkan tarif penerbangan, tidak bisa terealisasi dengan mudah. Proses panjang harus dilalui, mengingat harus diusulkan melalui Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia (Indonesia National Air Carrier Association/Inaca). Selanjutnya dibahas di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dalam hal ini, Inaca mengusulkan biaya pengganti (cost surcharges) akibat depresiasi rupiah. Selanjutnya, cost surcharges itu dimasukkan dalam tiket. Namun batas atas tarif harus direvisi terlebih dahulu oleh kemenhub.

Sebenarnya, usulan Inaca tentang cost surcharges sudah diajukan ke Kemenhub sejak Oktober lalu. Namun, pihak kementerian tidak segera meresponnya. Ketika rupiah jeblok semakin dalam barulah mendapat tanggapan.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan, bahwa usulan Inaca tentang kenaikan batas atas tarif penerbangan, sudah selesai dibahas. Sekarang bolanya di tangan Menteri Perhubungan EE Mangindaan.

Usulan INACA diterima. Hanya turun sedikit saja nilainya. Tinggal menunggu pengesahan menteri, ungkapnya.

 kabarbisnis.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: