Lion Air akan buka rute Batam-Sulawesi-Kalimantan

8 Des

Image

Batam, Kepulauan Riau  Maskapai penerbangan Lion Air berencana membuka rute penerbangan Bandara Internasional Hang Nadim Batam ke Balikpapan, Kalimantan Timur, yang akan terhubung dengan beberapa wilayah lain di Kalimantan dan Sulawesi.

“Izin dari Kementerian Perhubungan sudah keluar. Namun untuk jadwal terbangnya belum dipastikan, meski pihak Lion mengatakan pada Desember ini,” kata Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas Badan Pengusahaan Batam, Dwi D Wiwoho, di Batam, Sabtu.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan bandara yang dikelola BP Batam, bukan PT Angkasa Pura sebagaimana bandara-bandara lain. 

 
Mulai Jumat (6/12) Lion Air resmi menjadikan bandara dengan landas pacu sepanjang 4,025 meter itu –terpanjang di Indonesia– sebagai penghubung Indonesia bagian barat terutama Sumatera ke wilayah Indonesia tengah dan rimur.
 
Di Batam pula Lion Air menempatkan pusat perawatan dan pemeliharaan armada pesawat terbangnya, yang secara ekspansif keseluruhan akan terdiri dari 408 pesawat terbang (201 Boeing B-737-900 series dan 207 Airbus A-320 series plus beberapa tipe lain). 

“Dari Balikpapan, nanti penerbangan akan dilanjutkan ke Banjarmasin, Berau, Tarakan, Manado, Palu, Makassar tanpa harus transit di Soekarno Hatta Jakarta,” kata dia.

Wiwoho mengatakan, pembukaan rute tersebut bertujuan menyingkat waktu penerbangan berujung pada efisiensi-ekonomis, ketimbang jika harus singgah dulu ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. 

 
Jadi, untuk ke wilayah timur Indonesia, bisa langsung dari Batam. “Tujuan lain untuk mengurangi kepadatan dan kemungkinan penundaan penerbangan bila harus transit di Soekarno-Hatta yang sudah sangat padat,” kata dia.
antaranews.com
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: