Sayap Pesawat British Airways Tabrak Gedung di Bandara

25 Des
Image
 
Pesawat maskapai nasional Inggris, British Airways, mengalami kecelakaan kecil, Minggu malam 22 Desember 2013 di Bandara Internasional OR Tambo, Johannesburg, Afrika Selatan. Saat pesawat jenis Boeing 747-400 itu tengah bersiap untuk lepas landas, sayap bagian kanan pesawat menabrak sebuah gedung di bandara.

BBC, Senin 23 Desember 2013, melansir bahwa akibat peristiwa tersebut, empat kru bandara mengalami luka ringan. Sementara itu, 185 penumpang dan 17 kru kabin tidak terluka sedikit pun.

Kapten pesawat menjelaskan, insiden itu merupakan kecelakaan kecil. Namun, semua orang yang berada di sisi kanan pesawat dapat melihat jelas apa yang terjadi.

Pesawat tersebut rencananya lepas landas dari Bandara Internasional OR Tambo menuju Heathrow, London. Menurut Juru Bicara Otoritas Penerbangan Sipil Afrika Selatan, Phindiwe Gwebu, posisi pesawat saat akan lepas landas terlalu dekat dengan bangunan yang ada di bandara.“Ini menyebabkan sayap bagian kanan pesawat menabrak gedung perkantoran,” kata Gwebu.

Padahal, menara pengendali bandara telah menginformasikan pilot untuk mengambil satu lagi jalur lepas landas. “Memang, mereka telah mengambil jalur lepas landas yang lain, tapi keliru,” ujar Gwebu.

Salah seorang penumpang, John Hart, mengatakan, pesawat baru saja akan meluncur untuk lepas landas. “Namun, tiba-tiba, boom, sayap pesawat menabrak sebuah gedung,” kata dia.
 
Foto peristiwa itu sempat diabadikan oleh para penumpang. Dalam foto itu, terlihat jelas sayap pesawat yang besar masih terjepit di bangunan kantor. Akibat peristiwa ini, jadwal penerbangan menuju London terpaksa ditunda hingga Senin pagi.

British Airways menyatakan, 182 penumpang diinapkan ke hotel terdekat dan penerbangan pengganti sedang disiapkan untuk membawa mereka ke London. Maskapai juga memberikan bantuan independen untuk melakukan investigasi bersama CAA Afsel.

 
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: