Masih Ambles, Apron 6 Bandara Ahmad Yani Belum Berfungsi Normal

10 Jan

 

apron atau tempat parkir pesawat nomor 6 Bandara Ahmad Yani yang mengalami ambles pada Rabu (8/1) kemarin amblas belum dapat berfungsi normal. Hal itu menyebabkan pesawat berbadan lebar tak bisa parkir di sana dan hanya pesawat berbadan kecil jenis baling-baling yang boleh parkir di apron yang berada di ujung barat bandara.

“Kami sudah melakukan perbaikan sejak Rabu malam mulai pukul 22.30 hingga 04.30, setelah waktu operasional bandara selesai. Sehingga tidak mengganggu pergerakan pesawat,” kata General Affair and Communication Section Head PT Angkasa Pura I, Anom Fitranggono, seperti dilansir Suara Merdeka.

Menurutnya, baru satu sisi saja yaitu di bekas ambles roda belakan pesawat bagian kanan yang mengalami perbaikan, sedangkan pada Kamis malam, bekas amblas bagian kiri baru akan dikerjakan. Jadi, landasan tempat parkir pesawat baru bisa digunakan secara optimal Jumat (10/1) siang.

http://indo-aviation.com

Adapun pesawat berbadan besar, tempat parkirnya akan digeser ke sebelah timur. “Meski ada pengalihan parkir, namun jadwal pesawat tidak sampai terganggu,” terangnya.

Anom menjelaskan, perbaikan dilakukan secara bertahap agar tidak mengganggu lalu lintas pesawat. Perbaikan meliputi penggalian, pengecoran beton, dan menutup dengan aspal. “Kami tidak mau ambil risiko dengan melakukan perbaikan setengah-setengah. Karena itu lapisan beton dicor ulang,” imbuhnya.

Dikatakan, banyak faktor penyebab amblasnya landasan sedalam 5 sentimeter dengan panjang hingga 20 sentimeter, seperti faktor tanah, cuaca, hujan, panas, keletihan material, beban pesawat dan kargo yang besar.

“Pada prinsipnya landasan apron sudah diperkuat dengan lapisan beton. Kebetulan Lion Air dengan nomor penerbangan Jt 505 rute Semarang-Jakarta saat itu sedang penuh penumpang, dan kargonya cukup banyak. Untuk jenis pesawat Boeing 737 900 ER termasuk pesawat narrow body atau berbadan sedang,” paparnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: