Hanya di Jepang: Daging Ikan Beraroma Jeruk Tanpa Pewangi!

11 Jan

 

Apa kalian tahu bahwa Sushi, makanan khas dari Jepang, adalah makanan yang mendapat pengakuan sebagai makanan yang paling populer di dunia? Makanan yang bahan dasarnya adalah ikan mentah dan rumput laut ini memang telah banyak dikenal masyarakat dunia. Yang menjadikannya makanan populer adalah selain konsep ikan mentahnya yang asing bagi dunia, banyaknya gizi dan kandungan nutrisinya membuat makanan ini lebih dilirik dan makin populer dengan semakin banyaknya orang yang akhir-akhir ini terus menerus mengejar pola hidup sehat.

Ada banyak restoran sushi tersebar di dunia, termasuk di Indonesia. Restoran ini beragam. Ada yang masih asli, ada yang sudah digabungkan dengan cita rasa lokal agar lebih dapat diterima oleh lidah orang yang tinggal di daerah tersebut. Banyak cita rasa unik terus menerus diciptakan. Dan sebagai pencipta asli makanan ini, Jepang pun terus melakukan inovasi untuk makanan khasnya ini.

Kita tahu bahwa bahan utama Sushi adalah ikan. Ikan mentah lebih tepatnya. Ikan disajikan tanpa dimasak, tapi diberikan berbagai macam bumbu pelengkap seperti nasi, wasabi, dan kecap Jepang. Seperti yang telah dsebutkan di atas, sushi sangat bernutrisi, karena sushi tidak dimasak dan mengalami pengolahan ekstrim yang mengurangi kekayaan gizi yang terdapat di dalamnya. Hanya saja, karena mentah, banyak orang juga jadi tidak mau menyentuh sushi karena bau amis dari ikan mentah membuat banyak dari kita tidak berselera lagi.

Bau amis yang memang ada di semua ikan memang menjadi musuh orang-orang yang penciumannya sensitif, atau yang cepat jijik. Bau amis seperti itu sebenarnya dapat dihilangkan dengan dimasak dan diolah, sayangnya sushi yang kita bicarakan disajikan mentah.

Nah, buat kamu yang tidak suka bau amis sushi, ada kabar baik nih. Sekarang hadir inovasi baru industri perikanan Jepang. Mereka, dengan tujuan mensosialisasikan sushi lebih jauh lagi, berusaha membantu mengusir bau amis dari ikan. Salah satu yang berusaha adalah peternak ikan di Oita, Jepang yang memberi makan ikan mereka sejenis jeruk yang dinamakan Kabosu (Sumber: Merdeka.com 2010). Dengan memakan jeruk tersebut, ikan akan memiliki daging dengan rasa dan aroma jeruk.

Selain memberi rasa dan bau yang enak, jeruk ini juga mengandung antioksidan alami. Ikan tersebut jadi punya pengawet rasa alami dalam dagingnya. Inovasi yang bertujuan meningkatkan ketertarikan masyarakat terhadap ikan ini, termasuk sukses. Ketertarikan masyarakat pada ikan yang 2010 kemarin sempat menurun hingga 2010 kini telah lebih stabil.  Apa ladies mau mencoba ikan beraroma jeruk ini?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: