Kenaikan Tarif Pesawat

12 Jan

Image

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyetujui penyesuaian tarif pesawat supaya maskapai penerbangan tetap langgeng beroperasi. Hal ini menyusul desakan Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carriers Association/INACA) supaya Kementerian Perhubungan menaikkan harga tiket pesawat.

Ketua Pengurus Harian YLKI, Sudaryatmo mengungkapkan, usulan kenaikan tarif pesawat oleh INACA didasari oleh faktor esternal dan internal, antara lain peningkatan harga bahan bakar avtur akibat pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Penguatan dolar AS juga berimbas kepada kenaikan komponen pesawat lain, misalnya suku cadang dan sebagainya. YLKI telah berdiskusi dengan INACA dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai usulan kenaikan tarif,kata Sudaryatmo. Sebagai contoh: biaya tambahan untuk tipe pesawat jet sebesar Rp 60 ribu per jam dan Rp 50 ribu tipe pesawat jet. Ini sama seperti jarak Jakarta-Yogyakarta.

Saat rapat dilaksanakan, beberapa perwakilan maskapai berpenumpang banyak malah tidak hadir. Artinya maskapai ini bisa menerima kondisi ekonomi yang terjadi. Tapi ada maskapai yang sangat bersemangat memperjuangkan usulan kenaikan agar disetujui,” tambahnya.

Namun, Sudaryatmo berharap, Kemenhub dapat menerima usulan INACA untuk menaikkan tarif pesawat. Alasannya, agar maskapai tak menutup operasional yang akhirnya bisa merugikan penumpang.

“Kalau memang dikenakan biaya tambahan karena alasan eksternal, maka sebaiknya dipenuhi. Syaratnya rata-rata marjin maskapai harus 10% dan kalau ada yang mengambil lebih dari 10%, maka tarif harus turun karena mempertimbangkan daya beli masyarakat,” pungkas Sudaryatmo.

bisnis.liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: