Turbulensi Pesawat

18 Jan

Image

Turbelensi merupakan keadaan yang ditandai dengan ketidakstabilan (disorder) dan keacakan (randomness) pergerakan di setiap skalanya .

Turbulensi akan menarik komponen-komponen yang dipengaruhinya ke arah tertentu dan melepasnya secara tiba-tiba ,sehingga timbullah guncangan. Turbulensi disebabkan oleh perbedaan tekanan udara atau temperatur udara,yang kemudian terjadi gerakan yang tidak beraturan.

Turbulensi dibagi tiga, ringan, sedang, dan berat. Dalam turbulensi ringan, pilot seperti supir mobil yang terkena guncangan karena jalan yang tidak rata. Pesawat mungkin menyimpang dengan hanya beberapa meter di ketinggian..

Untuk turbulensi sedang, sudah sering dialami oleh pilot. Sebabnya, mereka akan mengalaminya tiap beberapa jam dalam setiap seribu jam terbang. Ini biasanya berlangsung selama tidak lebih dari 10 atau 15 menit, tapi kadang-kadang dapat berlangsung selama beberapa jam. Turbulensi ini dapat menyebabkan minuman tumpah dan membuat pesawat menyimpang hingga 10 atau 20 kaki (3-6 meter).
Turbulensi yang parah sangat jarang. Hal ini sangat tidak nyaman, tetapi tidak berbahaya.
Pesawat dapat menyimpang hingga ketinggian 100 kaki (30 meter) atau lebih. Tapi, tidak seperti kata orang-orang yang mengungkapkan turbulensi terparah bisa menyebabkan pesawat melenceng sampai ribuan kaki.

berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: