Kemenhub Gandeng Susi Air Buka Lima Rute Perintis di Sumatera

27 Jan

Image

Susi Air bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka lima rute penerbangan perintis di Sumatera. Kelima penerbangan perintis itu tersebar di Provinsi Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau. Penumpang yang menggunakan jasa penerbangan perintis ini akan mendapatkan keringanan harga tiket karena masih disubsidi oleh pemerintah.

Kepala Dinas Perhubungan Riau Adizar mengatakan, lima rute penerbangan perintis itu mulai diterbangi tahun ini, di antaranya Jambi-Dabo (Kepulauan Riau), Dabo-Pekanbaru, Pekanbaru-Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau), Pekanbaru-Pasirpangaraian, dan Pekanbaru-Rengat.

Menurut Adizar, masing-masing penerbangan perintis akan dilayani sebanyak satu penerbangan seminggu di hari Kamis atau Jumat. “Penerbangan perintis ini dilakukan dua kali, yaitu Kamis atau Jumat. Semua jadwal sudah ditentukan,” kata Adizar seperti dilansir RiauTerkini, Minggu (26/1/2014).

Sebelumnya, Kepala Bidang Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Riau Eddy Sukiatnadi, saat mengikuti penerbangan perdana dari Pekanbaru ke Pasirpangaraian, Jumat (24/1/2014), mengatakan bahwa penerbangan perintis ini merupakan program pemerintah untuk membuka akses menuju daerah sulit maupun perbatasan. Untuk membuka peluang investasi, maka pemerintah membuka penerbangan perintis ini.

Eddy mengatakan, untuk Provinsi Riau sendiri memiliki empat rute penerbangan perintis yang dioperasikan oleh Susi Air menggunakan pesawat Cessna 208B Grand Caravan dengan kapasitas 12 penumpang. Susi Air merupakan pemenang tender penerbangan perintis di Indonesia, sehingga perusahaan tersebut melayani penerbangan perintis di sana.

“Sebetulnya Riau mengusulkan penerbangan perintis dilakukan seminggu dua kali penerbangan. Namun mengingat keterbatasan APBD, hanya disetujui seminggu satu kali penerbangan,” ucap Eddy sembari mengatakan bahwa semua penerbangan perintis masih disubsidi oleh pemerintah melalui Kementerian Perhubungan.

indo-aviation.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: