Di Luar Negeri, Check-In Bandara Bisa Pakai Facebook

2 Feb

Image

Saat akan check in di bandara, satu hal yang tak boleh ditinggal penumpang adalah identitas diri, seperti SIM, Paspor, atau KTP (Kartu Tanda Penduduk). Namun di Amerika Serikat, bila lupa membawa identitas Anda bisa menggunakan Facebook sebagai penggantinya.
Zach Klein, seorang wisatawan asal Amerika Serikat, hendak berpergian. Namun, saat tiba di bandara ia baru menyadari tak membawa identitas apapun. Untungnya, ia tetap bisa masuk dan melakukan check in seperti biasa walau tanpa identitas.

Transportation Security Administration (TSA), yang menjaga gerbang masuk bandara, mengizinkan Klein masuk tanpa identitas. Klein bisa masuk dengan menunjukkan profil Facebook miliknya.
Klein lega, namun juga cukup terkejut dengan keadaan tersebut. “Ini benar adanya, TSA mengizinkan saya masuk bandara hanya dengan menunjukkan profil akun Facebook saya,” ungkap Klein dalam akun Twitter-nya, seperti dikutip dari News, Jumat (3/1/2014).

Ternyata, hal ini memang bagian dari kebijakan TSA. Pihak TSA sudah lama mengizinkan wisatawan masuk ke bandara tanpa identitas resmi seperti KTP, SIM atau paspor.
“Kami sadar penumpang kadang tiba di bandara dan kelupaan membawa identitas diri atau hilang saat di perjalanan. Namun, bukan berarti kami tidak mengizinkannya masuk bandara dan check in,” demikian ungkap situs resmi TSA.

“Yang penting penumpang bisa menunjukkan informasi lain mengenai identitasnya. Dengan kata lain, informasi lain yang sudah ada di publik,” tambahnya. Dengan begitu, secara tidak resmi TSA mengizinkan Facebook sebagai pengganti identitas penumpang untuk masuk bandara.

travel.okezone.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: