8 Hal Yang Pengaruhi Harga Tiket Pesawat

3 Feb

Image

SAAT ini pesawat sering jadi pilihan moda transportasi wisatawan, tentu karena lebih cepat waktu tempuhnya dibanding moda transportasi lain dan harga tiketnya yang bersaing, meski tidak selalu.
Ada faktor-faktor yang mempengaruhi mahal atau murahnya harga suatu tiket pesawat. Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari Foxnews:
 
1.Harga minyak

Harga minyak dunia adalah hal yang paling berpengaruh pada harga tiket pesawat. Karena itu bila harga minyak dunia sangat tinggi, sudah pasti harga tiket pesawat akan mengikutinya. Komponen ini adalah yang tidak bisa dilepaskan dari pengoperasian suatu pesawat.
 
2.Jarak penerbangan

Tentu saja, semakin jauh Anda terbang maka semakin mahal pula harganya. Meski ternyata tidak selalu. Misalnya saja penerbangan Jakarta-Vietnam, bisa lebih murah dari Jakarta-Laos. Sekali lagi, jarak hanya salah satu dari sekian banyak hal yang mempengaruhi harga tiket pesawat.
 
3.Kompetisi

Bila Anda berpergian ke rute yang padat atau dilayani banyak maskapai, maka kemungkinan besar harga tiketnya akan lebih murah. Ini karena adanya kompetisi antara maskapai tersebut, yang saling ‘berperang’ menyediakan harga tiket yang paling bersaing untuk pelanggannya.
 
4.Waktu membeli

Kapan Anda membeli tiket menentukan harga tiket tersebut. Apabila Anda membeli tiket dekat dengan waktu penerbangan, atau setidaknya tujuh hari sebelum keberangkatan, maka Anda akan membayar cukup mahal. Waktu terbaik untuk membeli tiket agar mendapat harga yang cukup murah adalah sekira tiga bulan atau tiga pekan sebelum keberangkatan. Ada juga yang mengatakan hari terbaik untuk membeli tiket adalah hari Selasa, pukul 15.00. Ini karena pada waktu itu, semua maskapai telah merilis harga terbarunya dan berkompetisi dengan maskapai lainnya.

 

5.Waktu penerbangan
Yang ini juga pastinya sudah Anda ketahui. Harga tiket mahal sudah pasti akan Anda dapatkan bila berpergian pada saat musim liburan, Lebaran, Natal atau Tahun Baru. Selain itu hari membeli juga mempengaruhi. Ingin tiket murah, beli tiket untuk penerbangan hari Selasa, Rabu dan Sabtu.
 
6.Permintaan penumpang

Anda sebagai penumpang juga bisa jadi penentu mahal tidaknya harga tiket suatu maskapai. Bila harga tiket mahal, tentu banyak penumpang memilih maskapai lain, maka membuat maskapai yang mahal tadi sepi penumpang. Ini akan membuat mereka mempertimbangkan harga tersebut dan mungkin akan menurunkannya, bila memang benar-benar sepi penumpang.
 
7.Faktor pemerintah

Pemerintah juga berperan mengatur harga tiket pesawat, apalagi untuk maskapai nasional. Keadaan negara bisa mempengaruhi apakah tiket pesawat tersebut akan menjadi mahal atau tidak.
 
8.Biaya tambahan

Yang ini bisa Anda atur. Banyak maskapai yang memberlakukan biaya tambahan untuk bagasi, serta makanan dan minuman di penerbangan. Bila Anda merasa tidak membutuhkannya, saat membeli tiket Anda bisa memilih untuk tidak menggunakan fasilitas tambahan tersebut. Harga tiket pun jadi lebih murah.

travel.okezone.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: