Refund dan Reschedule

4 Feb

Image

Refund adalah pengembalian uang tiket pesawat yang sudah terbeli dengan peraturan pengembalian sesuai kebijakan maskapai ,refund biasanya dilakukan karena alasan-alasan tertentu.

Tetapi ada beberapa maskapai yang tiketnya tidak bisa di refund ,kecuali jika calon penumpang meninggal dunia ,maka penumpang tersebut berhak untuk mendapat pengembalian penuh, syarat-syarat refund karena meninggal ,antara lain :surat pengajuan refund (biasanya dari agen), surat kematian ,fotocopy KTP , serta tiket penumpang tersebut. Beberapa maskapai yang tidak memberlakukan refund ,antara lain : Air Asia , Tigerair Mandala ,Citilink .Tiket –tiket tersebut tidak bisa direfund tetapi bisa di rebooking atau di reschedule.

Reschedule merupakan pengubahan jadwal penerbangan berdasarkan permintaan penumpang . Untuk reschedule biasanya akan dikenakan biaya perubahan jadwal ,serta selisih harga tiket yang baru ,jika terjadi kenaikan harga tiket pesawat .Semakin dekat dengan hari keberangkatan ,biaya perubahan jadwal juga akan semakin mahal .

Proses Refund memerlukan data-data  penumpang ,yaitu fotocopy KTP dan tiket atau kode booking tiket penumpang tersebut.Untuk Reschedule,siapkan fotocopy KTP ,tiket ,serta jadwal keberangkatan yang baru.Biasanya refund dan reschedule  bisa dilakukan langsung dibandara maupun melalui agen tempat kita membeli tiket tersebut.

Untuk pengembalian uang ,biasanya tidak instan atau langsung cair ,tetapi harus menunggu 1 minggu hingga 3 bulan ,tergantung kebijakan maskapai dan total pengembalian biasanya akan dicantumkan atau di beritahukan setelah proses refund selesai.

write by :Nia

Iklan

Satu Tanggapan to “Refund dan Reschedule”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Penumpang Merpati sulit minta pengembalian uang tiket | Alkatrans Tour and Travel - Februari 4, 2014

    […] Nusantara Airlines (MNA) kesulitan untuk meminta refund atau pengembalian uang pembelian tiket ke maskapai tersebut. Padahal, pihak Merpati menjanjikan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: