Selain Merpati, dua maskapai lain alami kesulitan

9 Feb

Image

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti mengatakan, setidaknya terdapat dua maskapai lain yang mengalami kesulitan pendanaan selain Merpati Nusantara Airlines. Dua maskapai tersebut adalah Mandala TigerAir dan Sky Aviation.”Tapi yang separah Merpati tidak ada,” ujar Herry dalam diskusi ‘Sayap Patah Merpati’ di Cikini, Jakarta, Sabtu (8/2).

Herry mengatakan, Mandala TigerAir telah menutup sembilan rute penerbangannya. Ini terjadi lantaran Mandala mengalami kerugian karena biaya operasional yang naik terkena imbas melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.”Mandala itu ada di internnya dan tidak mungkin terbang dengan merugi dan memilih rute-rute yang tidak merugi. Daripada lossnya cukup besar, jadi ditutup dulu,” kata Herry.

Sementara untuk Sky Aviation, terang Herry, maskapai ini mengalami kesulitan untuk mengembangkan diri. Penyebabnya, maskapai ini tidak mendapat dukungan dana dari pemegang sahamnya untuk dapat mengembangkan diri.Akibatnya, Sky terpaksa harus mengajukan utang untuk dapat berkembang. Herry menilai hal itu sebagai sesuatu yang wajar.”Yang ingin berkembang tapi belum siap dari sisi finansialnya seperti Sky, karena di dunia penerbangan utang itu pasti, supaya berputar cash flow-nya dan dan bisa menjalankan bisnisnya,” ungkap dia.

Atas hal itu, Herry meminta dua maskapai tersebut tetap fokus pada core bisnisnya. Dia memberikan contoh pengalaman yang dimiliki maskapai milik Pertamina, Pelita Air.”Seperti Pelita yang awalnya charter lalu berjadwal, tidak berhasil, dia kembali lagi ke awal. Komitmen kita, jadi kami melihatnya yang disarankan itu bisa berkembang,” pungkas dia.

merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: