Turki Tetap Bangun Bandara Meski Kontroversi

12 Feb

Image

Turki telah akan tetap melanjutkan pembangunan bandara meski pengadilan meminta menghentikan proyek bermasalah tersebut. Rencananya bandara ini akan dijadikan salah satu bandara tersibuk di dunia. Menurut hukum, pembangunan bandara ini dapat merusak lingkungan.
 
Bulan lalu, sebuah proyek besar telah ditangguhkan setelah penduduk setempat dan beberapa kelompok pecinta lingkungan mengajukan gugatan dengan alasan bahwa proyek tersebut akan menyebabkan kerusakan serius pada lingkungan.
Namun, Menteri Perhubungan Lutfi Elvan mengatakan bahwa suspensi pengadilan ini tidak akan menghentikan pembangunan bandara di daerah Terkos Lake, sekitar 50 km sebelah utara dari Istanbul.
  “Keputusan pengadilan ini sifatnya sementara. Menunggu persetujuan laporan akan dampak lingkungan yang dihasilkan, dan proyek bandara ini masih akan tetap dilanjutkan,” kata Elvan seperti yang dilansir dari News Rabu (12/2/2014).
 
Hal serupa dikatakan Menteri Lingkungan dan Pembangunan Perkotaan, Idris Gulluce bahwa pihaknya akan mengajukan banding atas keputusan tersebut. “Kami percaya bahwa ada kesalahan faktual disini. Tidak ada yang bisa mencegah pembangunan bandara terkenal ini,” katanya tanpa menjelaskan lebih lanjut.
 
Pengadilan meminta laporan para ahli konstruksi dan diharapkan mereka akan membuat keputusan akhir tentang nasib proyek ini dalam waktu satu tahun. Sebuah perusahan Turki memenangkan tender bandara ini dengan melakukan penawaran sejumlah USD 33 miliar untuk sewa selama 25 tahun.
 
 Bandara utama, Attaturk Istanbul sudah memenuhi kapasitas. Setelah melihat catatan sebanyak 16.7 persen terjadi ledakan pengunjung di tahun 2012 silam dan bandara baru dibutuhkan untuk menangani permasalahan ini. Bandara yang akan dibangun ini nantinya akan bersaing dengan Al Maktoum Internasional Bandara yang ada di Dubai dan telah beroperasi pada Oktober lalu. Diharapkan bandara ini dapat menampung 160 juta penumpang setiap tahunnya dan akan mulai beroperasi di tahun 2018..

travel.okezone.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: