Bandara Soekarno-Hatta Segera Terapkan Sistem Segregated Runway

19 Feb

Image

Pemisahan  Opsional dua runway atau Segregated Runway akan segera diterapkan Bandara Soekarno Hatta .Dengan sistem itu ,masing-masing landasan pacu hanya beroperasi melayani pesawat untuk mengudara dan mendarat,menurut Direktur Angkasa Pura II.

Saat dua runway sama-sama digunakan untuk take off dan landing ,sistem segregated runway itu akan diterapkan dalam tempo yang singkat.Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas runway dari 64 penerbangan perjam menjadi 72 penerbangan,dilansir dari bisnis.com.

Kapasitas flight 72 kali perjam menjadi 86 ,bisa ditingkatkan di bandara tersebut dengan penerapan segregated runway dengan syarat,bila dilakukan pengembangan dan pembangunan infrastruktur.

 “Pengembangan dan pemangunan infrastruktur itu seperti peningkatan rapid exit taxiway untuk mendukung percepatan pesawat keluar dari runway setelah mendarat,” jelasnya lagi.

Selain itu ,untuk meningkatkan kapasitas penerbangan menjadi 86  pesawat per jam ,diperlukan pula pembangunan fasilitas .ASEAN Committee on Disaster Managemen (ACDM) oleh PT Angkasa Pura II dan  Air Traffic Flow Management (ATFM) oleh AirNav. “ATFM akan mengatur arus lalu lintas pesawat dengan lebih efektif sehingga mampu mengoptimalkan runway.”

Para pemangku kepentingan di maskapai bisa terbantu dengan adanya ACDM lantaran bisa meningkatkan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan, mengoptimalkan penggunaan parking stands, gates dan terminal, serta meningkatkan kapasitas sisi udara.

“Dalam tahap jangka menengah juga akan diterapkan bagage handling system agar pelayanan bagasi penumpang dapat lebih cepat dan berdampak pada ketepatan waktu keberangkaan,” kata Direktur Angkasa Pura II.

Tak hanya itu, pihaknya juga akan menerapkan flight plan database system untuk membantu on time performance dalam penerbangan. Sistem ini memaksa maskapai yang terlamat atau batal berangkat akan dikenakan sanksi.

indo-aviation.com

edit by : kurnia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: