Krisis Keuangan, Merpati Bakal Kurangi Karyawan

1 Mar

Image

Menyusul krisis keuangan yang membelit mereka, PT Merpati Nusantara Airlines disebut akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada sejumlah karyawan yang tidak terkait langsung dengan bisnis inti maskapai pelat merah itu.

Soal pengurangan karyawan Merpati itu dikatakan Direktur jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kemenakertrans Irianto Simbolon. “Kami memperoleh hasil kesepakatan tersebut seusai manajemen dan pekerja Merpati mengadakan rapat bipartit, Selasa,” katanya dilansir Bisnis.com.

Menurutnya, lantaran kesulitan manajemen ada pada keuangan secara keseluruhan, sengketa upah karyawan Merpati sudah sulit diselesaikan. Selain itu, beberapa waktu lalu, maskapai sudah menutup seluruh jadwal penerbangan.

“Dalam hal pengurangan karyawan, manajemen harus lebih dulu menyelesaikan upah dan tunjangan hari raya yang belum dibayarkan. “Selain itu, ketentuan pesangon yang sudah diatur dalam UU No. 13/2003 tentang ketenagakerjaan harus dipenuhi,” kata dia.

Perlu diketahui hingga saat ini, tunggakan upah karyawan selama tiga bulan, belum juga diselesaikan manajemen Merpati. Saat ini Merpati mempekerjakan sedikitnya 1.000 karyawan yang tergabung dalam empat serikat pekerja yakni Asosiasi Pilot Merpati (APM), Asosiasi Awak Kabin Merpati (AAK), Serikat Karyawan Merpati (Sekar), dan FPM.

Sementara itu, Ketua Forum Pegawai Merpati (FPM) Sudiyarto berharap kementerian BUMN yang membawahi seluruh perusahaan milik negara untuk ikut menangani kasus ini. “Kami masih sangat berharap Dahlan Iskan sebagai menteri BUMN ikut menyelesaikan masalah keuangan Merpati,” tandasnya.

indo-aviation.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: