Garuda Jadi Maskapai Full Service Terbesar di Asia Tenggara

10 Mar

Image

Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan full service terbesar di kawasan Asia Tenggara dalam hal kapasitas kursi yang disediakan. Selain itu, Garuda Indonesia juga menjadi yang terbesar di Asia Tenggara berdasarkan jumlah armada.

Seperti dikutip dari CAPA, Garuda Indonesia saat ini mengoperasikan sebanyak 111 pesawat. Jumlah ini lebih besar dibandingkan Singapore Airlines yang mengoperasikan 102 pesawat, Malaysia Airlines 99 pesawat, Thai Airways International 97 pesawat, dan Vietnam Airlines 85 pesawat. Dalam hal ini, pesawat-pesawat yang dioperasikan oleh anak perusahaan masing-masing maskapai, baik itu anak perusahaan regional maupun low-cost carrier (LCC), tidak ikut dihitung.

Garuda Indonesia bisa mempertahankan posisinya sebagai maskapai penerbangan terbesar di Asia Tenggara dalam jumlah armada sejalan dengan rencananya memesan sekitar 200 pesawat dalam beberapa tahun mendatang, yang akan digunakan sebagai pengganti pesawat lama dan juga untuk menambah pertumbuhan dengan periode waktu antara 2015-2025.

Menurut rencana, Direktur Utama Garuda Indonesia akan memutuskan pilihan pesawat baru pada akhir 2014. Untuk pesawat narrowbody masa depan, Garuda Indonesia sedang mempertimbangkan antara Airbus A320neo atau Boeing 737 MAX. Sedangkan untuk pesawat widebody berukuran medium, perusahaan memiliki pilihan antara Airbus A350-900 atau Boeing 787. Dan terakhir, untuk pesawat widebody berukuran besar, Garuda Indonesia akan memilih antara Airbus A350-1000 atau Boeing 777X.

Garuda Indonesia saat ini masih memiliki pesanan pesawat sebanyak 89 unit, termasuk komitmen untuk menyewa, masuk sebagai jumlah pesanan tertinggi kedua di antara maskapai penerbangan full service di Asia Tenggara setelah Singapore Airlines. Tetapi, sebanyak 25 pesawat akan digunakan oleh anak usahanya, Citilink, sehingga pesawat pesanan yang akan dioperasikan oleh Garuda Indonesia ini hanya tersisa 64 unit. Angka ini tentu saja akan bertambah jika Garuda Indonesia jadi memesan pesawat dalam jumlah besar di akhir tahun nanti.

indo-aviation.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: