Batik Air Akan Kesulitan Mendapatkan Slot di Singapura

23 Mar

Image

Maskapai penerbangan Batik Air akan merintis rute internasional pertamanya tahun ini dengan destinasi ke Singapura. Pasar penerbangan Jakarta-Singapura saat ini diisi oleh banyak maskapai penerbangan dengan persaingan yang cukup ketat, baik maskapai penerbangan full service maupun low-cost carrier (LCC).

Dalam penerbangan Jakarta-Singapura, Batik Air ingin membuka rute tersebut degnan frekuensi dua kali sehari sekaligus. Namun, rencana Batik Air ini nampaknya akan mendapatkan tantangan berupat sulitnya mendapatkan slot penerbangan di Changi Airport, Singapura. Apalagi Batik Air menginginkan slot dengan jadwal penerbangan yang bagus dengan frekuensi tinggi untuk bisa mengangkut penumpang dengan ujuan bisnis antara Jakarta dan Singapura.

Meskipun demikian, Batik Air optimis bisa mendapatkan slot pada saat jam sibuk di Changi Airport karena Batik Air percaya pemerintah Indonesia bisa mengamankan beberapa slot dengan mengatasnamakan operator Indonesia yang masih kurang terwakili pada rute Jakarta-Singapura.

Pada pedoman umum, slot penerbangan pada jam sibuk di Changi memang telah penuh. Namun Batik Air yakin akan selalu ada pengecualian, seperti yang terjadi pada Garuda Indonesia yang mendapatkan slot tambahan di Singapura setelah Changi Airport memberikan pengecualian bagi maskapai penerbangan nasional Indonesia tersebut.

Batik dan induknya, Lion Group, yakin bisa memanfaatkan pertukaran slot ini. Akan tetapi, Garuda Indonesia juga sedang mencari slot baru di Changi, dan umumnya maskapai penerbangan nasional akan mendapatkan perlakuan khusus dari pemerintah.

Batik Air bukan merupakan anak perusahaan Lion Group pertama yang telah mengumumkan akan membuka layanan penerbangan ke Singapura tanpa mengamankan slot terlebih dahulu. Dua afiliasi Lion Group, Malindo Air dan Thai Lion Air, juga telah mengumumkan akan membuka layanan penerbangan ke Singapura pada tahun 2014 ini. Lion Air saat ini memiliki tujuh pasang slot di Changi, terdiri dari enam penerbangan ke Jakarta dan satu penerbangan ke Ho Chi Minh City. Group maskapai penerbangan ini akan tetap mempertahankan slot yang ada agar memiliki keunggulan yang kompetitif atau menunda beberapa penerbangan tambahan yang sudah direncanakan pada rute ke Singapura. Demikian dikutip dari CAPA-Centre for Aviation.

indo-aviation.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: