Lion Air Boeing 737-900ER Terpental Lima Kali Saat Landing

27 Mar

 Image       

         Sebuah pesawat Boeing 737-900ER milik maskapai Lion Air yang sedang mengoperasikan penerbangan JT361 dari Balikpapan tujuan Surabaya melakukan hard landing di Bandara Juanda pada 1 Februari 2014 pukul 17.19 WIB. Pesawat mengalami kerusakan parah saat melakukan pendaratan dengan keras tersebut. Dua penumpang dilaporkan mengalami luka berat dan tiga lainnya luka ringan, sehingga perlu dirawat di klinik setelah kejadian.

         Komite Nasional Keamanan Transportasi (KNKT) yang melakukan penyelidikan terjadap insiden tersebut mengungkapkan bahwa pesawat terpental sebanyak lima kali saat mendarat, dengan menghasilkan gaya gravitasi sebesar 3,87G saat menyentuh landasan.Dalam laporannya, KNKT menyatakan bahwa pesawat dengan registrasi PK-LFH itu mengalami kerusakan pada hub roda depan, salah satu roda pendaratan utama kempes, dan tailskid juga rusak. Selain itu, ada yang membengkok ke kiri dan kanan pada badan pesawat, dan bagian belakang sayap tidak luput dari kerusakan. Secara struktural pesawat ini mengalami kerusakan parah.

         Berdasarkan temuan KNKT, pilot yang menerbangkan pesawat tersebut merupakan kopilot, sedangkan kapten bertindak sebagai pilot yang mengawasi. Kedua pilot tidak menerima pelatihan recovery jika pesawat mendarat secara terpantul maupun pelatihan pembatalan pendaratan. KNKT juga menemukan dalam log pemeliharaan pesawat dari 31 Januari menunjukkan bahwa tindakan korektif pada tombol kendali elevator baru dilakukan setelah pilot melaporkan adanya gerakan yang terasa ringan pada pompa hidrolik.

             Meskipun tidak melaporkan setiap temuan atau tindakan keselamatan, KNKT mengeluarkan rekomendasi kepada Lion Air agar meninjau ulang pelatihan terhadap kru pesawat saat menghadapi pendaratan yang terpental dan pelatihan pembatalan pendaratan, standar pasangan kru yang menerbangkan pesawat, dan masalah pengendalian elevator pada seluruh armada Lion Air.Hingga sekarang masih belum diketahui secara pasti kapan KNKT akan mengeluarkan laporan akhir terkait insiden yang dialami oleh maskapai penerbangan Lion Air di Bandara Juanda Surabaya ini.

indo-aviation.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: