Baru 74 Juta Orang Indonesia yang Gunakan Transportasi Udara

31 Mar

Image

Kementerian Perhubungan mengatakan bahwa jumlah penumpang transportasi udara di Indonesia masih cukup kecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk nasional. Pada saat ini, dari sekitar 240 juta penduduk baru 74 juta yang bepergian dengan transportasi udara setiap tahunnya.“Rasio penumpang masih rendah, dengan 74 juta jiwa yang menggunakan penerbangan dibandingkan jumlah penduduk sebanyak 240 juta jiwa,” kata Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo seperti dilansir detikFinance.

Menurut Djoko, hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan Amerika Serikat yang memiliki penduduk sebanyak 350 juta jiwa, tetapi jumlah penumpang pesawat di sana mencapai 900 juta penumpang per tahun. Artinya, setiap satu orang penduduk Amerika Serikat rata-rata terbang hampir tiga kali dalam satu tahun. “Ada 900 juta diangkut pesawat dari jumlah penduduk 350 juta. Ini tiga kali jumlah penduduk Amerika Serikat,” katanya.

Djoko berharap jumlah penumpang yang menggunakan jasa transportasi udara meningkat, bahkan kalau bisa dengan rasio yang setara Amerika Serikat. Hal ini masih bisa terwujud karena jumlah kalangan kelas menengah di Indonesia terus meningkat dan semakin banyaknya maskapai penerbangan berbiaya rendah.

“Kita inginnya sama dengan Amerika Serikat tumbuh terus. Itu perlu perjuangan semua pihak, bukan hanya pemerintah tapi juga maskapai penerbangan. Pemerintah harus membiasakan, kalau ekonomi membaik, itu akan tumbuh lebih baik untuk melakukan perjalanan,” papar Djoko.

Menurut Kementerian Perhubungan, jumlah rute penerbangan domestik di Indonesia juga masih sangat mungkin bertambah. Dari total sebanyak lebih dari 600 rute yang sudah didesain pemerintah, baru sekitar 270 rute saja yang sudah dilayani oleh maskapai penerbangan. “Sudah dijalani 270 rute sehingga prospek masih sangat terbuka,” tutupnya.

indo-aviation.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: