Maskapai Keluhkan Sepinya Penumpang di Solo

31 Mar

 Image

         Sepinya penumpang pesawat di Solo sepanjang triwulan pertama tahun ini, dikeluhkan sejumlah maskapai penerbangan. Pasalnya, seat load factor (SLF) jauh di bawah target.Seperti dipaparkan Sales and Marketing Manager Garuda Indonesia Branch Office Solo, Endy Latief, SLF maskapainya hanya di kisaran 77 persen dari target 81 persen, yang berarti ada deviasi sebesar 4 persen dari target. SLF, kata dia, tidak banyak terpengaruh oleh gegap gempita kampanye menjelang pemilihan umum.

        “Memang, tetap ada perjalanan dari calon legislatif juga tim sukses yang berkaitan dengan pemilu. Namun sebagian besar bepergian pada akhir pekan. Jadi, imbasnya tidak terlalu besar, sebab pada akhir pekan load factor kami juga lumayan tinggi. Coba kalau mereka ini kampanye pada weekdays, mungkin SLF akan lebih ok,” ucapnya, seperti dilansir Suara Merdeka.Frekuensi penerbangan Solo-Jakarta dilayani maskapai Plat Merah itu lima kali dalam sehari dan sempat dikurangi menjadi empat kali selama Februari lantaran sepinya penumpang.

           Endy menyebut, jadwal yang minim peminat adalah penerbangan pagi, pukul 06.00 dan terkait utilitas pesawat, jadwal ini sulit untuk digeser menjadi lebih siang. “Lagipula, sudah menjadi kebijakan perusahaan kalau pesawat diparkir di Solo untuk mengurangi kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta,” imbuh dia.Sementara itu, Sales Representative Sriwijaya Air District Solo, Nur Sapto Siwi menyebut, kisaran SLF selama tiga bulan pertama tahun ini bergerak di angka 80 persen-88 persen. Angka ini jauh SLF biasanya yang mencapai 95 persen.“Padahal selama dua bulan terakhir, maskapai ini telah menyiasati sepinya penumpang dengan mengurangi frekuensi penerbangan,” kata dia.

indo-aviation.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: