Tigerair Mandala Kembali Tutup Tiga Rute Domestik

5 Apr

Image

Penutupan tiga rute penerbangan domestik itu akan dilakukan mulai 15 April 2014, mencakup rute penerbangan Jakarta-Pekanbaru, Pekanbaru-Yogyakarta, dan Yogyakarta-Palembang, menyisakan Jakarta-Denpasar sebagai satu-satunya rute domestik yang dimiliki oleh Tigerair Mandala.

Hingga saat ini pihak dari maskapai penerbangan Tigerair Mandala memang belum memberikan keterangannya secara resmi. Namun, berdasarkan penelusuran melalui sistem pemesanan di website resmi Tigerair Mandala, penerbangan pada ketiga rute itu sudah tidak tersedia lagi mulai 15 April 2014.

Dengan berbagai penutupan rute penerbangan yang dimilikinya, saat ini Tigerair Mandala hanya mengoperasikan beberapa penerbangan saja, yaitu Jakarta-Denpasar satu kali sehari, Jakarta-Singapura tiga kali sehari, Jakarta-Bangkok satu kali sehari, Denpasar-Singapura dua kali sehari, dan Denpasar-Hong Kong satu kali sehari.

Tigerair Mandala beroperasi dengan sembilan pesawat Airbus A320. Akan tetapi, jika melihat jumlah rute yang dilayani oleh Tigerair Mandala, kemungkina hanya membutuhkan hingga empat pesawat saja, sedangkan lima pesawat lainnya tidak terbang. Ini tentu mengurangi produktivitas pesawat karena hanya berada di darat, sementara pembayaran sewa pesawat terus berjalan.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Tiger Airways Holdings selaku pemilik 40 persen saham Tigerair Mandala berencana menjual atau menutup maskapai penerbangan ini karena terus mengalami kerugian dalam investasinya. Kabar yang kurang baik itu kemudian ditepis oleh Saratoga Capital yang memiliki 51 persen saham Tigerair Mandala. Saratoga Capital menyatakan akan terus berkomitmen dalam mengembangkan Tigerair Mandala. Selain itu, menurut Saratoga, pemangkasan kapasitas yang dilakukan merupakan bentuk rasionalisasi rute dalam menghadapi depresiasi rupiah dan kelebihan kapasitas pada sejumlah rute penerbangan.

indo-aviation.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: