Peluncuran NokScoot Kemungkinan Besar Akan Ditunda

11 Apr

Image

NokScoot, maskapai budget yang khusus melayani penerbangan jarak menengah hingga jarak jauh, kemungkinan besar akan menunda peluncurannya karena kondisi politik di Thailand yang masih belum kondusif. Padahal, rencananya maskapai penerbangan patungan antara Nok Air dari Thailand dan Scott dari Singapura ini akan memulai operasinya pada kuartal empat 2014.

NokScoot akan melayani penerbangan dari Don Mueang Airport, Bangkok. Maskapai ini akan bersaing secara langsung dengan Thai AirAsia X, maskapai budget lain yang juga fokus mengembangkan rute-rute jarak menengah dan jarak jauh. Sebelumnya Thai AirAsia X juga menunda penerbangan perdana karena kondisi politik Thailand yang sedang bergejolak.

Chief Executive Officer Nok Air Patee Sarasin mengatakan bahwa perusahaan telah melihat lebih dekat situasi politik untuk mengevaluasi bagaimana kondisi ini bisa mempengaruhi peluncuran. Meskipun demikian, Patee mengatakan NokScoot terus melakukan persiapan dengan Scoot, khususnya mengkombinasikan sinergi untuk bisa merebut pasar yang menjanjikan.

Nok Air dan Scoot masing-masing memilikiĀ 49 persen saham di NokScoot. Sisa 2 persen saham dimiliki oleh perusahaan Thailand, dimana Patee memiliki 25 persen saham di dalamnya. Patee menuturkan pihaknya tertarik masuk ke bisnis penerbangan jarak menengah dengan Scoot karena peluangnya yang sangat bagus bagi kalangan wisatawan di Thailand.

Patee memperkirakan bahwa NokScoot masih akan mengalami kerugian dalam waktu tiga tahun pertama beroperasi. Akan tetapi, masa depan maskapai penerbangan ini akan sangat cerah. Dia juga menyatakan investasi Nok Air di maskapai baru ini tidak akan berimbas banyak terhadap performa keuangan perusahaan.

NokScoot akan fokus dalam melayani penerbangan ke Jepang, Korea Selatan, Hong Kong, dan daratan China. Empat pasang itu menunjukkan potensi yang sangat baik, dengan jumlah populasi yang banyak dan daya beli tinggi. Dalam layanannya, NokScoot akan mengoperasikan pesawat Boeing 777-200 sebanyak dua unit di tahap awal. Jumlah ini akan ditambah menjadi tujuh unit dalam waktu lima tahun setelah peluncurannya.

indo-aviation.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: