Maskapai Merpati menunggu mati

13 Apr

Image

Nasib penyelamatan maskapai penerbangan nasional PT. Merpati Nusantara Airlines (MNA) semakin tidak jelas arahnya. Tahun lalu pemerintah sempat menjanjikan untuk menyelamatkan Merpati dari lilitan utang yang hingga saat ini jumlahnya menyentuh Rp 7,3 triliun.Namun janji tersebut belum juga terealisasikan hingga saat ini. Maskapai ini seolah tinggal menunggu ajalnya saja. Apalagi pemerintah melalui Kementerian BUMN memastikan tidak akan memberikan suntikan dana segar untuk maskapai penerbangan pelat merah ini. Satu-satunya jalan hanya dengan kerja sama pihak lain.”Yang jelas pemerintah tidak mau menginjeksi lagi. Terserah mau kerja sama sama siapa saja silakan,” ujar Deputi restrukturisasi dan industri strategis Kementerian BUMN Wahyu Hidayat usai rapim di kantor Pertamina Pusat, Kamis (9/4).

Sejauh ini, Kementerian BUMN menyatakan ada dua pihak yang mau bekerja sama operasional dengan Merpati. Dua produsen pesawat, Xi’an Aircraft Industrial Corporation asal China dan Sukhoi asal Rusia menyatakan minat menjadi investor sekaligus menyelesaikan persoalan yang dihadapi Merpati. Xian sendiri merupakan produsen pesawat jenis MA-60 yang saat ini juga dioperasikan Merpati. Namun hingga saat ini belum ada kejelasan kelanjutan kerja sama tersebut.

Usai bertemu Wahyu untuk mengetahui kondisi riil Merpati, kedua perusahaan tersebut belum menindaklanjuti kembali. Wahyu mengakui, dalam pertemuan itu, pihaknya membuka lebar pintu kerja sama dalam bentuk apapun.”Rusia dan China ketemu saya. Mau kerja sama dengan Merpati silakan. Bawa pesawat silakan. Bentuknya kerja sama apa terserah,” katanya.Namun, hingga saat ini kedua perusahaan belum menemuinya lagi. Alasannya, Xian dari China merupakan perusahaan BUMN asal negeri tirai bambu jadi harus memberikan laporan terlebih dahulu kepada pemerintahnya.

merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: