Usia Ideal Bayi Naik Pesawat

19 Apr

Image

Bila kondisi bayi sehat, maka pastikan usianya sudaha tepat, yaitu sudah masuk 4 bulan. Menurut dr. Satyawati, SpA dari RS Azra Bogor, pada usia tersebut, daya tahan tubuh bayi sudah berfungsi, meskipun belum maksimal. Selain itu juga, pertumbuhanbayi sudah optimal dan si bayi pun mampu menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.Memang sih idealnya, bayi diajak bepergian ketika sudah 6 bulan karena daya tahan tubuhnya sudah terbentuk dengan baik.

Bila usia bayi sudah 4 bulan dan berencana naik pesawat, selanjutnya yang perlu Mama Papa lakukan adalah memeriksakan kesehatan si bayi terlebih dahulu. Upayakan pemeriksaan dilakukan tiga hari sebelumnya, meski sebenarnya tidak ada aturan baku waktu yang tepat melakukan pemeriksaan. Mintalah surat keterangan sehat dari dokter dan surat izin untuk bayi dibawa naik pesawat.Saat memesan tiket penerbangan, mintalah tempat duduk di bagian depan pesawat untuk mengurangi suara bising dari mesin pesawat dan pilih tempat duduk yang di gang agar lebih mudah keluar masuk.

Sebelum pesawat mengudara, tutuplah kedua lubang telinga bayi dengan kapas yang lembut untuk mengurangi kebisingan suara mesin pesawat saat berada di dalam pesawat.Selanjutnya, susui bayi saat pesawat lepas landas dan mendarat, untuk mengurangi sakit di telinga.  Bepergian naik pesawat bersama bayi pun menjadi menyenangkan.

tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: