Garuda Lakukan Lelang Terbuka untuk Pengadaan Armada

8 Mei

Image

Berdasarkan kajian para ahli (expert) yang dibentuk tim pengadaan, Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia memastikan jika kegiatan pengadaan pesawat dan kebutuhan lain dilakukan secara terbuka.Menurut Direktur SDM Garuda, Heryanto AP  didampingi Vice President Bisnis Suport, M.Iksan mengatakan, prinsip-prinsip efisiensi dan kualitas terbaik bakal mendasari dalam menentukan kualitas barang dan pemenang.

“Dalam pengadaan armada, setelah ada aproval, akan diputuskan pemenangnya oleh pejabat pada level tertentu, perseroan membentuk tim. Hasil akhir tidak diputuskan satu orang , minimal dua orang,” kata Haryanto seperti dilansir Suara Merdeka.Hal itu dilontarkan Iksan menyusul beredarnya isu dugaan penggelembungan pembelian pesawat boeing 777-300 dan Airbus-320 melalui pendanaan ICBC. Iksan menyebut dugaan penggelembungan adalah rumor yang sangat tidak masuk akal lantaran semua prosedur pengadaan dilakukan secara terbuka dan trasparan pada semua rekanan melalui media massa.

Dia mencontohkan, untuk pengadaan pesawat airbus, dilakukan langsung ke perusahaan bersangkutan. “Tudingan melibatkan broker, tidak mungkin. Untuk apa kami melibatkan broker, biayanya kan jadi tinggi, kami langsung,”tegasnya.Iksan juga menanggapi masih tingginya biaya yang dikeluarkan perseroan adalah hal itu sangat wajar. Pasalnya, belanja alat produksi juga meningkat dengan nilai proporsional diikuti peningkatan produksi. “Biaya perusahaan naik, belum tentu rugi karena  ada biaya produksi dengan produktivitas. Tinggi,” tandas Iksan.

Dalam memperkuat pelayanan, Garuda membeli 24 unit pesawat baru senilai Rp. 21,4 triliun, terdiri dari empat ubit boeing 777-300, tiga ubit Airbus 330, sebanyak 10 unit boeing 737-800 dan tujuh unit pesawat bombardier CRJ-1000. Selain itu, Garuda juga membeli pesawat turboprop ATR72-600 sebanyak 25 unit.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: