Harga Tiket Pesawat H-2 Lebaran Naik Dua Kali Lipat

16 Mei

Image

Harga tiket pesawat untuk puncak arus mudik yang diperkirakan jatuh pada dua hari menjelang Idul Fitri (H-2) yakni Sabtu, 26 Juli 2014, sudah melambung jauh di atas kisaran harga biasa. Selain harga yang melonjak, tiket untuk sejumlah jadwal penerbangan pun sudah habis terjual. Hal ini didasarkan pantauan Tempo di sejumlah situs resmi maskapai berbujet rendah pada pagi ini, Jumat, 16 Mei 2014. Harga tiket pesawat termurah dari Jakarta ke Yogyakarta untuk keberangkatan H-2, misalnya, dijual oleh Lion Air sebesar Rp 958.700 per orang, atau melonjak bila dibanding hari Sabtu biasa yang hanya sekitar Rp 495.000 per orang.

Sedangkan kelas bisnis dari Batik Air masih tersisa dua jadwal penerbangan dengan harga tiket Rp 2,26 juta per orang. Dua jadwal yang ditawarkan anak usaha Lion Air yang berfokus pada penerbangan premium ini adalah pada pukul 05.40 dan 18.20.Adapun maskapai murah lainnya, AirAsia, menawarkan harga tiket dengan kisaran harga Rp 959.745 untuk kelas ekonomi dan Rp 1.251.300 untuk kelas bisnis per orang. Padahal pada hari Sabtu biasa, tiket kelas ekonomi dan bisnis dibanderol masing-masing sebesar Rp 490.100 dan Rp 836.600 per orang.

Pada tanggal tersebut, kursi yang disediakan maskapai Citilink tujuan Jakarta-Yogyakarta malah habis terjual. Citilink biasanya menyediakan tiga penerbangan per hari dari Jakarta-Yogyakarta dengan pilihan tarif promo dan ekonomi.Harga tiket pesawat untuk rute Jakarta-Surabaya pada puncak arus mudik bahkan tidak ada yang di bawah Rp 1 juta per orang. AirAsia menyediakan lima penerbangan pada hari tersebut dengan harga tiket kelas ekonomi dipatok Rp 1.116.500 dan kelas bisnis sebesar Rp 1.452.600 per orang. Bandingkan dengan harga tiket pada hari Sabtu biasa yang Rp 537-845 ribuan per orang.

Untuk penerbangan Jakarta-Surabaya, Citilink menawarkan harga tiket sebesar Rp 927.000 per orang. Hingga pagi ini, Citilink terpantau hanya menyediakan enam jadwal penerbangan. Biasanya maskapai ini menawarkan sampai sembilan jadwal penerbangan. Hari Sabtu biasanya tiket Citilink termurah sebesar Rp 330 ribuan per orang.

Kisaran harga serupa juga dipatok maskapai Lion Air untuk tujuan Jakarta-Surabaya, yakni sebesar Rp 1.046.700-1.398.700 per orang, atau melonjak bila dibanding hari Sabtu biasa, yakni Rp 490-an ribu per orang. Adapun tiket promo untuk 17 jadwal penerbangan Lion Air pada hari itu telah ludes.

tempo.co

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: