Beberapa Maskapai Tutup Rute Karena Harga Avtur Tinggi

18 Mei

Image

Sejumlah maskapai penerbangan mulai melakukan langkah rasionalisasi dengan menutup rute atau mengurangi frekuensi penerbangannya mulai 1 Juni 2014. Tindakan ini dilakukan karena maskapai penerbangan merespon atas tingginya biaya bahan bakar pesawat (avtur) dan melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

Seperti dikutip dari Metrotvnews.com, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan J. A. Barata mengatakan kepada Media Indonesia bahwa ada tiga maskapai penerbangan yang akan menutup atau mengurangi rute penerbangan yang dioperasikannya. Ketiga maskapai penerbangan itu antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, dan Indonesia AirAsia. “Hampir semua airline menutup rute penerbangan pada bulan Juni,” ungkapnya.

Meskipun demikian, Barata tidak mengungkapkan rute-rute penerbangan mana saja yang akan ditutup oleh ketiga maskapai penerbangan itu. Khusus untuk Indonesia AirAsia, maskapai penerbangan berbiaya rendah ini memang akan menutup sedikitnya lima rute penerbangan pada 1 Juni 2014, di antaranya rute Surabaya-Makassar, Surabaya-Bangkok, Denpasar-Makassar, Bandung-Johor Baru, dan Jakarta-Johor Baru.

Garuda Indonesia sendiri melalui Vice President Corporate Communications Pujobroto membantah adanya kabar yang mengatakan bahwa perusahaan akan menutup sejumlah rute penerbangan. Sebaliknya, Garuda Indonesia sedang gencar melakukan ekspansi dengan membuka rute-rute baru pada Juni mendatang. “Garuda Indonesia bukan menutup rute, malah kami membuka rute penerbangan baru,” ungkap Pujobroto.

Pada akhir Mei nanti Garuda Indonesia akan meluncurkan rute penerbangan nonstop Jakarta-Amsterdam, sedangkan pada pertengahan Juni akan membuka rute baru Jakarta-Tokyo Haneda. Di awal bulan Mei ini saja Garuda Indonesia membuka secara serentak lima rute baru, seperti Medan-Surabaya, Medan-Palembang-Denpasar, Surabaya-Ambon, Makassar-Yogyakarta, dan Denpasar-Banyuwangi-Surabaya.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: