Boeing 737 MAX Telah Dipesan Lebih dari 2.000 Unit

21 Mei

Image

Produsen pesawat asal Amerika Serikat, Boeing, merayakan pencapaian yang luar biasa dengan penjualan lebih dari 2.000 unit pesawat lorong tunggal hemat bahan bakar 737 MAX. Jumlah itu dicapai setelah Boeing mendapatkan pesanan 30 pesawat 737 MAX dari pelanggan yang tidak disebutkan identitasnya, sehingga total pesanan pesawat ini mencapai 2.010 pesawat yang berasal dari 39 pelanggan. Nilai total pesanan ini mencapai US$ 209 miliar sesuai dengan daftar harga. Selain itu, Boeing juga menerima komitmen pembelian sebanya lebih dari 250 unit untuk pesawat jenis ini.

Pencapaian penjualan 737 MAX yang melampaui 2.000 pesawat dalam waktu singkat ini merupakan penjualan tercepat yang pernah dialami dalam sejarah Boeing. Ini menunjukkan tingginya permintaan lalu lintas perjalanan udara yang menginginkan pesawat hemat bahan bakar. “Dua ribu pesanan dalam program ini merupakan pencapaian yang luar biasa,” kata Vice President and General Manager, 737 MAX Program, Boeing Commercial Airplanes, Keith Leverkuhn.

737 MAX merupakan salah satu program pesawat baru dari Boeing yang merupakan pengembangan dari pesawat 737 Next Generation. Pesawat ini diklaim lebih hemat bahan bakar sebesar 14 persen dibandingkan 737 Next Generation. Tidak hanya itu, Boeing mengklaim pesawat ini lebih efisien dibandingkan pesawat kompetitornya, Airbus A320 saat ini, bahkan Airbus A320neo di masa yang akan datang. Maskapai penerbangan yang mengoperasikan Boeing 737 MAX akan mendapatkan efisiensi biaya operasinal sebesar 8 persen per kursi dibandingkan Airbus A320neo.

Sesuai dengan jadwal, pesawat Boeing 737 MAX baru dilakukan perakitan akhir pada pertengahan tahun 2015, dengan penerbangan perdana pada tahun 2016. Pesawat ini baru akan dikirimkan kepada pelanggan pertamanya, Southwest Airlines, pada kuartal ketiga tahun 2017.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: