Indonesia AirAsia Rugi Rp 390,4 Miliar di Kuartal I 2014

22 Mei

Image

Indonesia AirAsia, yang merupakan afiliasi AirAsia di Indonesia, pada kuartal pertama tahun ini memasuki zona merah dengan menghasilkan kerugian operasi sebesar Rp 390,4 miliar. Angka ini berbanding terbalik dengan keuntungan sebesar Rp 42 miliar pada periode yang sama tahun 2013.

Dalam hal jumlah pendapatan, maskapai penerbangan yang mengusung konsep low-cost carrier (LCC) ini sebenarnya mengalami peningkatan sebesar 13 persen dibandingkan kuartal pertama tahun lalu menjadi Rp 1,381 triliun. Namun, biaya operasional untuk bahan bakar juga mengalami peningkatan sebesar 39,8 persen menjadi Rp 854,4 miliar, sedangkan biaya untuk tenaga kerja melonjak sebesar 32,3 persen menjadi Rp 183,2 miliar. Dengan kondisi ini, Indonesia AirAsia mengalami kerugian setelah pajak sebesar Rp 454,4 miliar.

Selama kuartal pertama yang berakhir pada 31 Maret 2014, Indonesia AirAsia berhasil menerbangkan 2,1 juta penumpang atau tumbuh sebesar 22 persen dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2013. Tingkat isian kursi rata-rata maskapai penerbangan ini naik tipis menjadi 76 persen, dengan harga tiket yang dijual rata-rata sebesar Rp 522.326 atau turun sebesar 8 persen.

Indonesia AirAsia menyebut salah satu penyebab ruginya operasional perusahaan karena melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat. “Penurunan laba usaha ini terutama didorong oleh melemahnya rupiah dan memicu naiknya biaya dalam nilai dolar, seperti bahan bakar, biaya pemeliharaan, dan biaya sewa pesawat,” kata Chief Executive Officer Indonesia AirAsia Dharmadi.

Mulai 1 Juni 2014 mendatang, Indonesia AirAsia akan menutup setidaknya lima rute penerbangan untuk mengurangi kerugian lebih lanjut. Lima rute penerbangan yang akan ditutup itu antara lain Surabaya-Bangkok, Surabaya-Makassar, Denpasar-Makassar, Bandung-Johor Baru, dan Jakarta-Johor Baru. Indonesia AirAsia mengatakan akan mengalihkan pesawat yang biasanya melayani rute-rute tersebut untuk menambah frekuensi penerbangan pada rute-rute lainnya yang lebih menguntungkan.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: