Sejarah Pesawat Terbang

23 Mei

Image

Pesawat Terbang atau lebih dikenal dengan Pesawat Udara merupakan kendaraan atau trransportasi yang mampu terbang dalam atmosfer atau udara,bersayap tetap ,dan dapat terbang dengan tenaga sendiri . Penerbangan pertama kalinya menggunakan balon udara panas yang ditemukan oleh Joseph Montgolfier dan Etiene Montgolfier dari Perancis ,terjadi pada tahun 1782  , kemudian di sempurnakan oleh  Ferdinand von Zeppelin berkebangsaan Jerman dengan cara memodifikasi balon berbentuk cerutu yang digunakan untuk membawa penumpang dan barang tahun 1900.Kemudian Pesawat terbang yang lebih berat dari udara ,pertama kali diterbangkan oleh Wright Bersaudara (Orville Wright dan Wilbur Wright) dengan pesawat yang telah mereka rancang sendiri ,yang dinamakan Flyer,diluncurkan tahun 1903 di Amerika Serikat.

Kedua penemu pesawat terbang ini melakukan serangkaian percobaan juga penelitian yang cukup panjang. Mereka berhasil menciptakan sebuah mesin yang dinamakan Wright Flyer. Dan akhirnya di tahun 1903 tepatnya pada pukul 9.30 pagi hari waktu setempat, mereka bisa membuktikan bahwa penelitian mereka bukanlah omong kosong semata. Wright bersaudara sukses menerbangkan sebuah pesawat kendali dengan jarak sepanjang 4 mil. Meskipun hanya bisa mengudara selama 12 detik dan mencapai ketinggian 37 meter, namun prestasi ini merupakan pionir atau cikal bakal penemuan pesawat terbang yang bisa mengudara dengan efektif. Dengan fakta inilah sehingga dunia mencatatkan mereka sebagai penemu pesawat terbang.

Selain Wright bersaudara, tercatat beberapa penemu pesawat lain yang menemukan pesawat terbang antara lain Samuel F Cody yang melakukan aksinya di lapangan Fanborough, Inggris  tahun 1910.Setelah zaman Wright, pesawat terbang banyak mengalami modifikasi baik dari rancang bangun, bentuk dan mesin pesawat untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.Pesawat komersial yang lebih besar dibuat pada tahun 1949 bernama Bristol Brabazon.Sampai sekarang pesawat penumpang terbesar di dunia di buat oleh airbus industrie dari eropa dengan pesawat A380.

berbagai sumber

edit by :kurnia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: