Tigerair Mandala Alami Kesulitan Karena Persaingan yang Ketat

25 Mei

Image

Presiden Direktur Saratoga Capital Sandiaga S. Uno mengakui bahwa maskapai penerbangan Tigerair Mandala sedang dalam kondisi sulit karena persaingan antar maskapai penerbangan yang sangat tinggi. Selain itu, melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat juga sangat berkontribusi terhadap membengkaknya biaya operasional.

Saratoga Capital merupakan perusahaan investasi yang menjadi pemegang saham mayoritas Tigerair Mandala dengan komposisi saham sebesar 51 persen. Pemegang saham utama lainnya adalah Tiger Airways yang menguasai hingga 40 persen saham. Atas kondisi yang terus merugi ini, Tiger Airways sudah berancang-ancang untuk meninggalkan Tigerair Mandala.

Sandiga mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan intervensi terhadapat pilihan yang diambil oleh manajemen Tigerair Mandala agar terlepas dari kesulitan. Intinya, Sandiaga ingin agar bisnis penerbangan ini bisa terus berlanjut dengan cara apapun, termasuk akuisisi oleh pihak lain. ā€œ(Presiden Direktur Tigerair Mandala) Paul Roombek lagi menyiapkan plan, kenyataannya dengan rasionalisasi dan pasar tingkat persaingan tinggi, kita sebagai pemegang saham sedang menunggu paparan rencana kerja itu,ā€ kata Sandiaga.

Saat ini maskapai penerbangan yang santer dikabarkan akan melakukan akusisi terhadap Tigerair Mandala adalah Garuda Indonesia melalui anak usahanya, Citilink Indonesia. Selain itu, Indonesia AirAsia juga dikabarkan berminat dan sudah melakukan uji tuntas terhadap Tigerair Mandala. Meskipun demikian, Sandiaga tidak mengetahui secara pasti pihak mana saja yang sudah melakukan penjajakan untuk mengakuisisi Tigerair Mandala karena menurutnya hal itu lebih diketahui oleh manajemen Tigerair Mandala.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: