Boarding pass

26 Mei

Image

Boarding pass adalah dokumen yang disediakan oleh maskapai penerbangan selama proses check-in, yang memberikan izin penumpang untuk naik pesawat untuk penerbangan langsung. Paling tidak sebagai bentuk identifikasi penumpang, nomor penerbangan, serta tanggal dan waktu yang dijadwalkan untuk keberangkatan.Umumnya penumpang dengan sebuah tiket elektronik hanya akan membutuhkan boarding pass. Jika penumpang memiliki tiket kertas, tiket itu (atau kupon penerbangan) mungkin diperlukan untuk dilampirkan pada boarding pass untuk dia masuk ke pesawat.Kertas boarding pass (dan tiketnya jika ada), atau potongannya dikumpulkan dan dihitung untuk cross-check jumlah penumpang oleh petugas gate, tetapi lebih sering di-scan (melalui barcode atau magnetic stripe).

Standar untuk barkode dan strip magnetik pada boarding pass diterbitkan oleh IATA. Barkode standar (BCBP) yang menjelaskan cetakan barkode 2D yang dicetak pada kertas boarding pass atau dikirim ke ponsel untuk tujuan boarding pass secara elektronik.Kebanyakan bandara dan maskapai penerbangan kini memiliki pembaca otomatis untuk memverifikasi validitas dari boarding pass di bagian boarding gate atau pintu pesawat. Ini secara otomatis akan meng-update database maskapai yang bisa menunjukkan bahwa penumpang telah naik dan kursi penumpang telah digunakan, dan memeriksa bagasi untuk melihat apakah ada barang yang mungkin masih tertinggal.Hal ini mempercepat proses dokumen di pintu gerbang, tetapi tetap membutuhkan penumpang dengan tiket kertas untuk melakukan check-in, menyerahkan tiket dan menerima boarding pass digital.

Boarding Pass Via Ponsel
Banyak maskapai penerbangan telah pindah untuk memakai boarding pass elektronik, dimana penumpang bisa men-cek baik secara online atau pada perangkat mobile-nya, dan boarding pass ini kemudian dikirim ke perangkat mobile sebagai SMS atau e-mail. Setelah menyelesaikan reservasi online, klien dapat mencentang kotak pilihan untuk melakukan boarding pass secara mobile. Kebanyakan operator menawarkan dua cara untuk mendapatkannya: yang pertama dikirim ke perangkat mobile (via e-mail atau pesan teks sms) saat melakukan check-in secara online, atau menggunakan aplikasi maskapai penerbangan untuk check-in dan boarding pass akan tampil atau muncul dalam aplikasiPerangkat mobile dilengkapi dengan standar barkode yang sama dengan boarding pass kertas yang umum, dan ini benar-benar dapat dibaca oleh mesin. Petugas gerbang hanya memindai kode yang ditampilkan di perangkat telepon atau ponsel.

piknikyu.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: