Image Kemenhub: Hak Kelola Rute Merpati dan Sky Aviation Sudah Habis

4 Jun

Image

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan bahwa menjadi hal yang wajar dan lumrah di industri penerbangan jika ada maskapai yang menutup sebuah rute penerbangan. Biasanya sebuah rute ditutup karena sepi peminat, sehingga malah membebani keuangan perusahaan.“Dia menutup rute tidak berarti berhenti, tetapi membuka rute lain yang menguntungkan. Kalau sudah membaik lagi bisa minta izin lagi,” ujar Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murdjatmojo di Jakarta, Selasa (3/6/2014), seperti dilansir Merdeka.com.

Namun, Djoko mengungkapkan, hal berbeda akan terjadi jika sebuah maskapai penerbangan menutup rute karena berhenti beroperasi dan selama 21 hari tidak memberikan laporan kepada Kementerian Perhubungan. Maka, secara otomatis seluruh rute penerbangan maskapai tersebut akan dibekukan. Jika maskapai penerbangan mengurus perizinan kepada Kementerian Perhubungan, maka maskapai diberi waktu 60 hari untuk mempersiapkan rute penerbangannya kembali.

Oleh karena itu, Djoko mengatakan bahwa untuk kasus seperti maskapai penerbangan Merpati Nusantara Airlines tidak dapat mengisi rute-rute lamanya kembali. “Seperti Merpati itu kan sudah habis. Sekarang kita tunggu business plan, bagus kalau ada investor, AOC (Air Operator Certificate) ada, dan memiliki syarat keamanan ya bisa terbang,” katanya.

Hal serupa juga terjadi pada maskapai penerbangan Sky Aviation yang sudah berhenti beroperasi sejak pertengahan bulan Maret. Awalnya maskapai penerbangan ini berencana beroperasi kembali pada awal April, tapi kemudian meminta perpanjangan berhenti beroperasi hingga akhir April. Selanjutnya maskapai penerbangan meminta kembali perpanjangan izin tidak beroperasi hingga akhir Mei, namun hingga sekarang juga tidak kunjung beroperasi. “Sky Aviation sudah habis, sampai akhir Mei janji terbang, tapi kalau tidak ya sudah habis. Sejak berhenti sampai satu tahun tidak beroperasi maka SIUP-nya mati,” kata Djoko.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: