Pertumbuhan penumpang pesawat di Indonesia nomor 8 dunia

6 Jun

Image

Aktivitas penerbangan di Indonesia termasuk terpadat di dunia. Salah satu faktor pendorongnya yakni pertumbuhan penumpang pesawat di Indonesia yang tercatat nomor 8 tertinggi di dunia. Namun, kondisi ini tidak dibarengi dengan meningkatnya layanan bandara.Senior ATS Regional Bandara Soekarno-Hatta Azmi Jamalullail mengatakan, karena itu bandara semakin padat dan delay penerbangan tak bisa dihindari.

“Jumlah pesawat terbang tak kurang 1.000 per hari. Dan di atas itu ada jalurnya seperti air craft way. Kita bertanggung jawab atas kelancaran pelayanan udara dan darat dari sisi lalu lintas udara,” ucap Azmi ketika diskusi dengan wartawan di Kantor Federasi Pilot Indonesia (FPI) Jakarta, Jumat (6/6).Untuk meminimalisir padatnya aktivitas penerbangan, harus ada kerja sama dengan pelbagai pihak. Kelancaran aktivitas penerbangan bergantung pilot, Angkasa Pura sebagai otoritas pengelola bandara, dan AirNav, dan maskapai penerbangan.

“Solusi masalah penerbangan bukan AirNav saja. Ini juga karena pertumbuhan penumpang nomor 8 tertinggi dunia, ranking naik. Tersibuk belum tentu terbaik. Terbaik masih di Singapura,” tegasnya.Salah satu masalah yang dihadapi ATC adalah kurangnya SDM. Lulusan sekolah di Curug belum dapat langsung bekerja karena harus melewati masa orientasi dengan berbagai persyaratan.”SDM kita masih kurang. ATC banyak lulusan tapi ketika ke Soekarno-Hatta mereka harus orientasi 3 bulan. Belum tentu dia bisa kontrol di Cengkareng. Ketika masuk ada ujian dan 6 bulan sekali tes lagi,” tegasnya.

id.berita.yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: