Maskapai penerbangan tidak melarang orang mabuk naik pesawat

9 Jun

Image

Federasi Asosiasi Pilot Indonesia (FPI) mengakui sampai saat ini belum ada larangan bagi penumpang yang mabuk atau setelah minum minuman beralkohol dilarang naik pesawat komersil.”Tapi kalau sampai mengganggu kita tidak bolehkan naik. Tapi untuk cek satu satu yang mabuk memang tidak mungkin. Belum ada airlines yang melarang kecuali mengganggu,” ujar Ketua FPI Hasfrinsyah akhir pekan ini di Jakarta.

Hasfrinsyah yang merupakan pilot senior Garuda Indonesia bercerita dia pernah mengusir penumpang yang mengganggu. Jika mabuknya kelewatan maka tidak akan diperbolehkan ikut terbang. “Penumpang seperti ini bisa kena final warning notice. Sudah di black list,” katanya.

Kondisi ini berbeda dengan penerbangan menggunakan helikopter. Penumpang dan kru helikopter dilarang terbang jika sedang minum alkohol. Helikopter mempunyai alat untuk mengukur napas penumpang dan kru yang bisa mendeteksi alkohol”Kru dan penumpang wajib meniup alat itu dan ketahuan kadar alkohol. Kalau ada yang minum alkohol kita reject naik helikopter,” ucap Sekjen APHI (Asosiasi Pilot Helikopter Indonesia) yang merupakan anggota Federasi Pilot Indonesia (FPI), Capt Yunus.

id.berita.yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: