Pengusaha Tiket Khawatir Tigerair Mandala Tidak Kembalikan Uang

27 Jun

Image

Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia mengaku khawatir maskapai penerbangan Tigerair Mandala yang akan tutup operasi pada 1 Juli nanti tidak mengembalikan uang tiket (refund) yang sudah dibayarkan oleh para penumpang.

“Pembeli tiket yang terlanjur beli tiket diperkirakan tidak akan mendapat refund,” kata Ketua Bidang Ticketing Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia, Pauline Suharno kepada Antara. Hal itu berkaca pada kasus sebelumnya seperti yang terjadi pada saat Adam Air dan Batavia Air tutu operasi. “Pada kejadian maskapai Batavia Air, saat itu para agen telah bolak-balik ke pengadilan untuk mengurus deposit yang berupa tiket pesawat yang sudah dibeli,” katanya.

Dia mengatakan bahwa Tigerair Mandala menghentikan operasinya karena kekurangan modal dan tidak ada lagi investor yang masuk. “Keputusan ini dibuat karena kondisi pasar turun. Selain itu disebabkan kian membengkaknya biaya operasional akibat nilai tukar rupiah yang terdepresiasi cukup signifikan,” ujar Pauline.

Pauline selanjutnya menyimpulkan bahwa Tigerair Mandala kemungkinan besar tidak akan mengembalikan uang deposit agen maupun uang tiket yang sudah dibayarkan oleh penumpang karena sisa uang yang dimiliki perusahaan akan habis digunakan untuk membayar para karyawan dan utang. “Tapi biasanya uang perusahaan sudah habis dan tidak cukup membayar pegawai mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya, para agen penjual tiket sudah melakukan antisipasi dengan tidak melakukan deposit yang terlalu banyak untuk Tigerair Mandala sejak maskapai penerbangan ini menghentikan banyak rute penerbangan tiga hingga empat bulan yang lalu. “Kami langsung memberi warning ke agen agar mereka hati-hati. Jangan sampai kecolongan lagi seperti kejadian Adam Air dan Batavia Air. Ketika penutupan Adam Air, kami rugi Rp 40 miliar. Bahkan, nilai kerugian hampir sama saat Batavia Air tutup,” katanya.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: