Jumlah penumpang Sriwijaya Air anjlok 50 persen

9 Jul

 

Maskapai penerbangan Sriwijaya Airlines harus menelan pil pahit lantaran mengalami penurunan penumpangan hingga 50 persen.Direktur Komersial Sriwijaya Air Toto Nursatyo mengaku tahun lalu perusahaan berhasil menerbangkan 8,9 juta penumpang. Namun di sepanjang tahun ini perusahaan mengaku pesimis bisa menyamai jumlah tahun lalu. Salah satu alasannya, kondisi perekonomian nasional belum stabil.

“Kalau tahun lalu 8,9 juta penumpang. Tahun ini memang kami ada pengecilan suplai semata-mata agar kinerja perusahaan lebih sehat. Untuk Juli tahun ini saja perusahaan baru mencapai 3,9 juta penumpang,” ujarnya di Jakarta, Selasa (8/7).

Diakuinya, tahun ini perusahaan mengalami krisis keuangan lantaran gejolak nilai tukar rupiah. Ini menjadi kendala utama perusahaan. Sebab, terpuruknya Rupiah membuat biaya pemeliharaan dan operasional pesawat menjadi semakin besar.

“Gejolak nilai tukar rupiah dari Rp 9.500 naik Rp 10.500 sehingga sampai Rp 12.000 dan juga harga bahan bakar dari Rp 8.500 per liter sampai Rp 13.000 per liter. Sehingga total cost kita karena 50 persen bahan bakar dan 20 persen dari USD sehingga tidak ada keseimbangan harga jual dan biaya meningkat,” jelas dia.

Meski perusahaan mengalami penurunan penumpang, dari sisi pendapatan Sriwijaya berhasil tumbuh 15 persen. Namun Toto tak menjelaskan lebih detail besaran angkanya. “Tahun ini kami targetkan menjadi 30 persen,” ungkapnya.

Dia menuturkan, Sriwijaya tetap mengandalkan rute domestik untuk menggenjot keuangan. Rute domestik porsinya 70 persen, sisanya penerbangan luar negeri.

“Kami melihat bahwa kami tidak akan meninggal domestik karena rekor bisnis kita (penerbangan domestik). Sehingga tahun depan kami akan menambah lagi 50 hingga 70 pesawat, di mana saat ini hanya 38 pesawat,” tutup dia.

id.berita.yahoo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: