Pesawat Malaysia Jatuh di Wilayah Konflik Ukraina

18 Jul

 

Sebuah pesawat milik Malaysia Airlines berjenis Boeing 777 jatuh di Ukraina, tepatnya dekat perbatasan Rusia.Seperti yang dilansir situs The Star, Kamis (17/7/2014), pesawat yang terbang dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur itu mengangkut 280 penumpang and 15 kru.Pesawat tersebut dilaporkan terhempas di daerah konflik dekat Donetsk dan sulit dijangkau.

 Sumber dari Malaysia Airlines menyebutkan pesawat tersebut tidak memasuki zona angkasa Rusia.Menurut sumber tersebut, pesawat tersebut ‘ditembak jatuh’ dari 30 ribu kaki. MH 17 tersebut terbang dari Amsterdan menuju Kuala Lumpur setelah lepas landas.

 Kantor berita Interfax melaporkan bahwa pesawat hilang dekat Donetsk, di mana pemberontak pro-Rusia telah memerangi pasukan pemerintah Ukraina selama beberapa minggu. Hal ini diyakini pesawat itu disambar BUK permukaan-ke-udara rudal di 33.000 ft sekitar 20 kilometer sebelum memasuki wilayah udara Rusia.

 mly a

Pesawat milik maskapai Malaysia Airlines MH-17 ditembak jatuh oleh militan di sebelah timur Ukraina, Kamis (17/7/2014), dan menewaskan 295 penumpangnya.Pernyataan tersebut disampaikan oleh seorang pejabat Kementerian Dalam Negeri Ukraina seperti dikutip oleh kantor berita Interfax-Ukraina.

Seperti dikutip Reuters, sumber-sumber lain mengatakan Boeing 777-200 yang terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur, itu turun dekat kota Donetsk.Anggota pemberontak pro-Rusia, Anton Gerashchenko, mengatakan, pesawat tersebut terkena rudal darat ke udara. Tidak ada konfirmasi soal laporan itu. Yang terang, para pejabat Ukraina mengatakan warga setempat telah menemukan puing-puing pesawat.

 Pada Twitter feed, Malaysia Airlines mengatakan telah kehilangan kontak dengan penerbangannya MH-17 dari Amsterdam. “Posisi terakhir yang diketahui adalah atas wilayah udara Ukraina,” katanya.

“Sebuah pesawat sipil perjalanan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur baru saja ditembak jatuh oleh sistem antipesawat. Sebanyak 280 penumpang dan 15 awak tewas,” kata Gerashchenko seperti dikutip Reuters.Interfax-Ukraina mengutip pejabat lain Ukraina mengatakan pesawat hilang dari radar ketika terbang pada 10 ribu meter atau 33 ribu kaki, sebuah jelajah ketinggian khas untuk pesawat.

tribunnews

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: