Konsumsi avtur bengkak, Jero Wacik salahkan musim libur

20 Jul

avtur

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik menyebut konsumsi bahan bakar pesawat atau avtur naik cukup drastis jelang Lebaran. Kenaikan konsumsi avtur mencapai 14 persen dibanding hari biasa.Menurut Jero, kondisi ini terjadi karena banyaknya masyarakat Indonesia menggunakan jasa maskapai untuk mudik Lebaran ataupun liburan.

“Ini indikator rakyat kita banyak yang libur Lebaran, banyak naik pesawat terbang. Menteri perhubungan menyampaikan kepada saya banyak tambahan penerbangan,” ucap Jero di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (18/7).Tidak hanya itu, konsumsi premium juga naik pada Lebaran kali ini. Namun demikian, konsumsi solar diprediksi justru akan turun.”Kenaikan ini karena kebutuhan, nanti September kita lihat berapa pasti kenaikan. Solar turun karena banyak kendaraan barang berat berhenti operasi,” tutupnya.

Dari data Pertamina estimasi pemakaian BBM pada masa puasa dan Lebaran umumnya diperkirakan naik dengan besaran masing-masing Premium naik 5,1 persen dari rata-rata harian normal 80.155 kilo liter menjadi 84.242 kilo liter. Kemudian konsumsi avtur naik 7,2 persen dari rata-rata harian normal 10.619 kilo liter menjadi 11.536 kilo liter.

merdeka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: