Awal September, Perluasan Husein Sastranegara Dimulai

15 Agu

pesawat

Mulai awal September, PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Husein Sastranegara memastikan rencana pembangunan terminal baru (perluasan) akan dimulai. Nantinya, perluasan itu membuat kapasitas bandara di Bandung ini akan meningkat menjadi 3,5 juta penumpang dalam setahun dari sebelumnya hanya 750.000 penumpang.

Seperti dikatakan, General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Husein Sastranegara mengatakan Yayan Hendrayani, lamanya pembangunan terminal ditargetkan, akan memakan waktu tidak lebih dari 365 hari atau setahun dengan total biaya mencapai Rp 150 miliar.

“Bahkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sempat meminta bahwa Agustus itu sudah groundbreaking . Dengan begitu diharapkan kunjungan wisatawan dipastikan akan meningkat,” katanya, seperti dilansir Bisnis.com.

Dia menyebut, pembangunan sendiri tak bisa dilakukan pada awal Agustus lantaran terkendala oleh masalah administrasi dan teknis. Meski begitu,  proses pembangunan akan mulai berjalan pada awal September.

“Rencananya, apabila terminal baru telah selesai dibangun, maka terminal baru itu dipergunakan untuk menampung penumpang dengan tujuan penerbangan domestik, sedangkan terminal eksisting diproyeksikan bagi penumpang internasional. Terminal baru itu akan dibangun diatas lahan seluas 5.000 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 17.000 meter persegi,” ujarnya.

Adanya terminal baru itu, akan berdampak pada peningkatan rute pesawat bahkan tidak menutup kemungkinan penambahan maskapai penerbangan yang masuk ke Bandung. Total rute penerbangan via Bandara Husein sejauh ini sudah mencapai 37 penerbangan per hari.

Mengenai landasan terbang, tidak akan mengalami perluasan karena terbentur dengan area keselamatan penerbangan dimana harus memperhatikan ketinggian bangunan yang ada di sekitar bandara. “Bandara Husein ini berada di tengah kota. Kalau diperluas akan berbenturan dengan permukiman warga karena sudah banyak berdiri bangunan tinggi yang membahayakan penerbangan kalau dilakukan perluasan,”  tegasnya.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: