Bandara Soekarno Hatta Tangkal Ebola

16 Agu

lounge

 

Untuk mengantisipasi masuknya virus Ebola ,Bandara Soekarno Hatta telah menerapkan kewaspadaan terhadap kemungkinan penyebaran virus mematikan tersebut dengan mendeteksi setiap penumpang wilayah Timur tengah.

Ebola adalah sejenis virus dari genus Ebolavirus, familia Filoviridae, dan juga nama dari penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. Gejala-gejalanya antara lain muntah, diare, sakit badan, pendarahan dalam dan luar, dan demam. Tingkat kematian berkisar antara 80% sampai 100%. Asal kata adalah dari sungai Ebola di Kongo.

Penyakit Ebola dapat ditularkan lewat kontak langsung dengan cairan tubuh atau kulit. Masa inkubasinya dari 2 sampai 21 hari, umumnya antara 5 sampai 10 hari. Saat ini telah dikembangkan vaksin untuk Ebola yang 90% efektif dalam monyet, namun vaksin untuk manusia belum ditemukan.

“Hal ini dilakukan karena kebanyakan penumpang asal Afrika melakukan transit di wilayah Timur Tengah sebelum ke Jakarta, “ ujar Kepala humas PT Angkasa Pura II yang membawai Bandara Sukarno-Hatta, Ahmad Syahir. Ahmad Syahir menambahkan, penerbangan secara langsung dari Afrika ke Indonesia, tidak ada. Mungkin masuknya dari Timur Tengah. Jadi, alat pendeteksi itu kita berlakukan untuk penerbangan-penerbangan dari Timur Tengah.Begitu juga dengan rombongan haji yang pulang melalui Bandara Soekarno Hatta juga wajib diperiksa di terminal kedatangan.

 

Sejak awal pekan ini, pihak pengelola bandar udara Soekarno Hatta dan Kementerian Kesehatan telah mengoperasikan kembali alat yang disebut thermoscanner.Ini adalah alat pendeteksi panas yang dapat mengenali suhu tubuh penumpang yang mengalami demam. Alat ini pernah digunakan untuk mengantisipasi virus Mers.

wartabuana

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: