Lion Geser Jadwal, Garuda dan AirAsia Tunggu Notam

12 Sep

SUB

Maskapai penerbangan siap-siap untuk menyesuaikan jadwal penerbangannya terkait dengan rencana ditutupnya Bandara Juanda, Surabaya, pada 26-30 September 2014 saar perayaan HUT TNI.Maskapai Lion Air mengaku sudah siap mengantisipasi pergeseran jadwal keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Juanda. Sementara Garuda Indonesia dan Lion Air menyatakan sedang menunggu kebijakan dari regulator.

Direktur Airport Operation and Services Lion Air, Daniel Putut saat dihubungi pada Rabu (10/9/2014) mengatakan bahwa pihaknya sudah mendengar rencana penutupan mulai pukul 07.00-14.00 selama lima hari itu.”Sudah kami dengar informasinya, tapi sampai sekarang belum fix, karena kami belum menerima notice to airmen (notam) dari maskapai,” kata Daniel. Notam adalah pemberitahuan yang diberikan kepada seluruh awak maskapai terkait perubahan rute dan waktu penerbangan.

Namun, lanjut Daniel, kalaupun sampai jadi dilakukan, maka pihaknya akan menggeser jam penerbangan ke arah Juanda agar tidak bentrok. “Kalau sampai dilaksanakan, maka penerbangan selama itu kami geser ke pukul 15.00 hingga seterusnya, atau sebelum pukul 07.00 kalau penerbangan pagi,” kata Daniel.

Sedangkan Garuda hingga Rabu kemarin belum menentukan langkah antisipasi. “Kami belum menerima notam (notice to airmen-red) soal penutupan ini. Jadi kami masih menunggu informasi lebih lanjut sebelum menentukan langkah apa yang bakal kami lakukan,” ujar VP Corporate Communication Garuda, Pujobroto.

Apakah akan digeser jam penerbangannya, diarahkan ke bandara terdekat lain, jelas Pujo, pihaknya belum bisa  menentukan. “Harus ada notam dulu,” ujarnya.Sementara itu AirAsia belum menentukan langkah antisipatif terkait penutupan Bandara Juanda Surabaya pada tanggal 26-30 September nanti.Sekretaris Perusahaan AirAsia, Audrey Progestama Petriny, mengatakan bahwa rencana penutupan Bandara Juanda Surabaya selama lima hari mulai pukul 07.00-14.00 masih dalam pembahasan.

“Sampai hari ini belum ada surat tertulis mengenai penutupan bandara Juanda dari pihak TNI,” kata Audrey.Audrey menuturkan, AirAsia sendiri belum berencana mengubah  jadwal apapun sebelum ada pemberitahuan resmi. “Seluruh penerbangan kami tetap beroperasi sesuai jadwal sampai ada pemberitahuan resmi dari Kemenhub,” katanya. (Banu Adikara)

id.berita.yahoo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: