Maskapai Keluhkan Penjualan Avtur yang Dimonopoli Pertamina

5 Okt
avtur

Maskapai penerbangan yang tergabung dalam Asosiasi Perusahaan Penerbangan Indonesia atau Indonesia National Air Carrier Association (INACA) mengeluhkan penyediaan bahan bakar pesawat atau avtur yang hanya dilakukan oleh Pertamina. “Seharusnya, dalam bisnis, diberikan pilihan agar tidak terkesan monopoli,” kata Humas INACA Benny Siga Butarbutar kepada Tempo.

Benny mengatakan, saat ini belum ada perusahaan lain di Indonesia yang menjual avtur selain Pertamina. Padahal, menurutnya, banyak perusahaan yang tertarik menyediakan avtur untuk kebutuhan maskapai penerbangan di dalam negeri. “Kalau pemerintah bisa menjamin atmosfer bisnis serta infrastruktur yang bagus, pasti akan mendorong provider lain untuk masuk,” ujarnya.

Sejumlah maskapai penerbangan menganggap harga avtur yang dijual oleh Pertamina jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan harga avtur di negara-negara Asia Tenggara lainnya, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand. Bahkan Garuda Indonesia melalui juru bicaranya Pujobroto mengatakan bahwa mahalnya harga avtur di Indonesia ikut berperan dalam kerugian yang dialami oleh maskapai penerbangan plat merah itu.

indo-aviation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: