Tak gabungkan airport tax, maskapai bakal sulit buka rute baru

6 Okt

pswttt

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan hingga kini masih menggodok kebijakan terkait penggabungan biaya passenger services charge (PSC) atau airport tax ke dalam harga tiket. Saat ini pemerintah tengah mencari sistem yang dapat mengintegrasikan tarif airport tax seluruh bandara.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menuturkan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan sejumlah maskapai serta operator bandara.”Dicari cara yang paling tepat untuk sistem integratornya. Kita akan mulai di bandara yang besar-besar dulu,” ujar Bambang usai menghadiri peresmian Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/10).

Bambang menambahkan pihaknya tidak memberikan sanksi kepada sejumlah maskapai yang masih enggan menggabungkan airport tax di dalam harga tiket.”Kalau perundang-undangan ternyata enggak ada klausul teguran. Karena ini lebih ke bisnis to bisnis, dianggap lebih meningkatkan pelayanan penumpang,” ucapnya.

Namun, lanjutnya, pemerintah tak habis akal. ‘Pemaksaan’ akan dilakukan dengan mempersulit pembukaan rute baru bagi maskapai yang tidak menggabungkan airport tax ke dalam tiket.”Kalau mereka ini enggak sanggup, bagaimana nanti mereka mau buka rute baru, itu nanti yang akan menjadi salah satu pertimbangan dan dikaitkan di situ,” ujarnya.

Sebelumnya, Garuda Indonesia membatalkan penggabungan tarif airport tax ke dalam tiket. Maskapai pelat merah tersebut mengaku rugi Rp 2,2 miliar per bulan akibat layanan ini. Garuda Indonesia berjanji akan kembali menerapkan layanan ini jika sudah diikuti oleh seluruh maskapai di Indonesia.

merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: